PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTU MEDIA PLATFORM YOUTUBE UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK

Cahya, Witri Handayana (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTU MEDIA PLATFORM YOUTUBE UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI (COVER-BAB I - II & DAPUS).pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL CAHYA W H.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan (1) Proses dan kevalidan video pembelajaran matematika berbantu media Platform YouTube untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik; (2) Kemenarikan video pembelajaran matematika berbantu media Platform YouTube untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik; dan (3) Video pembelajaran matematika berbantu media Platform YouTube efektif untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Development, and Dissemination). Teknik dan alat pengumpulan data meliputi wawancara, kuesioner, angket, dokumentasi dan tes. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA 3 dan X IPA 4 SMA Negeri 1 Menggala. Hasil penelitian meliputi: (1) Proses pengembangan dan kevalidan produk yang dikembangkan oleh peneliti menggunakan model pengembangan 4D diperoleh kesimpulan sangat valid. Terlihat dari persentase rata-rata ahli materi sebesar 90,38% dan ahli media sebesar 89,81%. (2) Hasil pengembangan produk menarik berdasarkan hasil praktisi dua pendidik dengan persentase rata-rata sebesar 95,83% dan 14 peserta didik dengan persentase rata-rata sebesar 89,76%. (3) Video pembelajaran berbantu media platform youtube efektif untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik berdasarkan dari analisis data bahwa terdapat peningkatan kemandirian belajar peserta didik dimana n-gain score kelas eksperimen sebesar 0,58 dengan klasifikasi ―sedang‖ dan n-gain score kelas kontrol sebesar 0,22 dengan klasifikasi ―rendah‖. Serta terdapat perbedaan yang signifikan antara kemandirian belajar peserta didik kelas ekperimen dan kelas kontrol dilihat dari nilai sig (2-tailed) yaitu .000. Dimana nilai sig (2- tailed) kurang dari 0,05. Berdasarkan ketuntasan belajar klasikal peserta didik kelas eksperimen sebesar 79,41% dengan kriteria ―baik‖ dan kelas kontrol 61,86% dengan kriteria ―kurang baik‖. Kata Kunci : Video Pembelajaran, Media Platform Youtube, Kemandirian Belajar. iv ABSTRACT The purpose of this study is to produce (1) the process and validity of the YouTube platform to increase students' learning independence; (2) The attractiveness of mathematics learning videos assisted by the YouTube platform to increase students' learning independence; and (3) Mathematics learning videos assisted by the YouTube platform effective in increasing students' learning independence. The research method used is Research and Development (R&D) using a 4D development model (Define, Design, Development, and Dissemination). Data collection techniques and tools include interviews, questionnaires, questionnaires, documentation and tests. The subjects of this study were students of class X IPA 3 and X IPA 4 SMA Negeri 1 Menggala. The results of the study include: (1) The development process and product validity developed by researchers using the 4D development model obtained very valid conclusions. It can be seen from the average percentage of material experts by 90.38% and media experts by 89.81%. (2) Interesting product development results are based on the results of two educators with an average percentage of 95.83% and 14 students with an average percentage of 89.76%. (3) Learning videos assisted by the YouTube platform effective for increasing students' learning independence based on data analysis that there is an increase in students' learning independence where the n-gain score of the experimental class is 0.58 with the classification of "medium" and the n-gain score of the control class of 0.22 with a "low" classification. And there is a significant difference between the learning independence of students in the experimental class and the control class as seen from the value of sig (2-tailed) which is .000. Where the value of sig (2-tailed) is less than 0.05. Based on the classical learning completeness students , 79.41% with the "good" criteria and the control class 61.86% with the "not good" criteria. Keywords: Learning Video, Youtube Media Platform, Independent Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jul 2022 03:21
Last Modified: 25 Jul 2022 03:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19981

Actions (login required)

View Item View Item