PERAN ORANG TUA DALAM PROSES KEGIATAN BELAJAR PAI SECARA DARING (DALAM JARINGAN) DI SD N 1 PONCOWARNO LAMPUNG TENGAH

RIADHUS, SHOLIHAH (2022) PERAN ORANG TUA DALAM PROSES KEGIATAN BELAJAR PAI SECARA DARING (DALAM JARINGAN) DI SD N 1 PONCOWARNO LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI RIADHUS SHOLIHAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Saat ini negara kita diramaikan dengan adanya penyakit yang mewabah diseluruh dunia yaitu pandemic covid-19. Keadaan pandemi ini telah mengubah kegiatan belajar yang seharusnya belajar di sekolah menjadi pembelajaran jarak jauh dari rumah atau biasa disebut pembelajaran daring (dalam jaringan). Selama ini orang tua memberikan tanggung jawab pendidikan anaknya kepada guru disekolah, namun karena tertuntut situasi anak diminta untuk selalu berada dirumah, yang menjadikan dampak bagi orang tua, dimana orang tua harus memberikan pembelajaran pada anaknya dirumah. Tentu terjadi berbagi pendapat mengenai hal ini, banyak orang tua yang mengungkapkan bahwa mereka merasa keberatan ketika anaknya belajar dirumah, karena dirumah anak merasa bukan waktunya belajar namun mereka cenderung menyukai bermain saat dirumah. Maka berdasarkan uraian diatas, peneliti ingin mengetahui sejauh mana peran orang tua dalam membimbing anak selama pembelajaran daring (dalam jaringan) khususnya dalam mata pelajaran PAI sebagai upaya memutus mata rantai. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif dengan objek penelitiannya adalah guru wali kelas, orang tua siswa, dan siswa kelas V SD N 1 Poncowarno Lampung Tengah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kelapangan, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verivikasi data, adapun pemeriksaan keabsahan datanya menggunakan teknik triangulasi sumber dimana peneliti menggunakan teknik yang berbeda untuk mendapatkan data dari sumber yang berbeda. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu peran orang tua pada saat pembelajaran daring khusunya dalam mata pelajaran PAI di SD N 1 Poncowarno Lampung Tengah adalah diantaranya orang tua sebagai guru, orang tua sebagai fasilitator, orang tua sebagai motivator dan orang tua sebagai pengaruh/director. Orang tua sebagai guru diantaranya adalah membantu anak dalam memahami materi baik teori maupun praktik. Orang tua sebagai fasilitator diantaranya adalah menyedikan smartphone dan kuota, menyediakan tempat yang nyaman dan lain sebagainya. Orang tua sebagai motivator diantaranya adalah memberikan semangat kepada anak, dan meberikan nasihat�nasihat. orangtua sebagai pengaruh atau director adalah diantaranya memberikan keleluasaan dalam memilih minat dan hobi. Kata Kunci: Peran Orang Tua, Daring, PAI

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jul 2022 03:14
Last Modified: 25 Jul 2022 03:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19980

Actions (login required)

View Item View Item