PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19DI TK SERUNI SUKARAME KOTA BANDAR LAMPUNG

Helda, umri (2022) PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19DI TK SERUNI SUKARAME KOTA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran menjadi salah satu solusi untuk menemukan ramuan yang pas dalam mentransformasikan pengetahuan kepada anak usia dini yang baik bagi perkembangan. Peran guru sebagai pendidik tentunya harus dapat bekerja sama dengan berbagai pihak, khususnya menjadi jembatan penghubung antara orang tua dan sekolah dalam menerapkan pembelajaran saat pandemi ini masih terjadi. Penggunaan pembelajaran yang relevan dalam pembelajaran akan sangat memberikan pengaruh yang jitu terhadap kecerdasan yang dimiliki oleh masing-masing anak didik. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan subjek penelitianadalah guru. Alat pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu Observasi, Wawancara serta Dokumentasi.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: maka rumusan masalah yang ingin diselesaikan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19 di TK Seruni Sukarame Bandar Lampung”? Tujuan penelitian ini adalah yaitu “Untuk mendeskripsikanPembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19 di TK Seruni Sukarame Bandar Lampung”. Dari hasil data analisis dan pembahasan yang telah peneliti lakukan dalam hasil penelitian ini, maka peneliti menyimpulkan dari pembelajaran di masa pandemi covid-19 di TK Seruni Sukarame Bandar Lampung, menggunakan pembelajaran daring dan luring Untuk pembelajaran luring guru menyampaikan pembelajaran menggunakan pembelajaran ini agar bisa menyampaikan pembelajaran meskipun dilaksanakan untuk mempermudah proses pembelajaran agar tidak tertinggal, dengan adanya pembelajaran masa pandemi covid-19. Apa faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pembelajaran dimasa pandemi covid-19 di TK Seruni Sukarame Bandar Lampung, faktor pendukung pembelajaran daring yaitu Lebih bisa Memanfaatkan teknologi, Orang tua bisa dekat dengan anak, Informasi, untuk media menyampaikan pesan atau menerima informasi. Untuk faktor pendukung pembelajaran luring yaitu Terbukanya sistem pembelajaran secara langsung pada zona kuning dan hijau. Adapun faktor penghambat pembelajaran daring yaitu Tidak memiliki HP (Hand Phone), Kuota internet dan Jaringan internet yang lemot, faktor penghambat dari strategi pembelajaran daring itu bisa dari anaknya sendiri seperti jenuh belajar daring, malas belajar, kurang fokus orang tua malas mendampinggi anaknya belajar, orang tua sibuk bekerja, KBM tidak efektif. Untuk faktor penghambat iii pembelajaran luring yaitu terbatasnya waktu yang singkat, Kemandirian dalam pembelajaran. Kata Kunci: Strategi Guru, Proses Pembelajaran iv ABSTRACT Learning is one solution to find the right ingredients in transforming knowledge to early childhood that is good for development. The role of teachers as educators must of course be able to work together with various parties, especially being a bridge between parents and schools in implementing learning when this pandemic is still happening. The use of relevant learning in learning will greatly influence the intelligence possessed by each student. This type of research is descriptive qualitative with the research subject is the teacher. Data collection tools that the author uses in this study are Observation, Interview and Documentation. The formulation of the problem in this study is: then the formulation of the problem to be solved in this study is "How is Learning During the Covid-19 Pandemic Period at TK Seruni Sukarame, Bandar Lampung"? The purpose of this study was "to describe learning during the Covid-19 pandemic at Seruni Sukarame Kindergarten, Bandar Lampung". From the results of the data analysis and discussion that the researchers did in the results of this study, the researchers concluded from learning during the covid-19 pandemic at Seruni Sukarame Kindergarten, Bandar Lampung, using online and offline learning. For offline learning the teacher conveys learning using this learning in order to convey Even though learning is carried out to facilitate the learning process so as not to be left behind, with learning during the covid-19 pandemic. What are the supporting and inhibiting factors in implementing learning during the COVID-19 pandemic at Seruni Sukarame Kindergarten, Bandar Lampung, the supporting factors for online learning, namely more able to use technology, parents can be close to children, information, for media to convey messages or receive information. For offline learning support factors, namely the opening of a direct learning system in the yellow and green zones. The inhibiting factors for online learning are not having a cellphone (Hand Phone), internet quotas and slow internet networks, the inhibiting factors of online learning strategies can be from their own children such as bored with online learning, lazy to study, lack of focus, lazy parents accompanying their children to study, parents are busy v working, teaching and learning is not effective. For the inhibiting factor of offline learning, namely the limited time, independence in learning. Keywords: Teacher Strategy, Learning Process

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jul 2022 03:06
Last Modified: 25 Jul 2022 03:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19978

Actions (login required)

View Item View Item