PENGARUH MANAJEMEN KONFLIK TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA GURU DI MTs PESANTREN SABILIL MUQORROBIN (PSM) SUKA AGUNG, WAY KANAN

Hesti, Fadilah Nuvus (2022) PENGARUH MANAJEMEN KONFLIK TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA GURU DI MTs PESANTREN SABILIL MUQORROBIN (PSM) SUKA AGUNG, WAY KANAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI  FULL HESTI FADILAH NUVUS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kinerja para guru di MTs Sabilil Muqorrobin (PSM) Suka Agung Way Kanan masih kurang maksimal, hal ini terjadi sebagian besar disebabkan rendahnya penanganan manajemen konflik antara kepala sekolah dengan guru. Menurut peneliti manajemen konflik adalah keahlian mengatur atau mengelola masalah yang terjadi di suatu organisasi atau pendidikan. Penanganan manajemen konflik di MTs Sabilil Muqorrobin (PSM) Suka Agung Way Kanan masih rendah, dikarenakan rendahnya penanganan manajemen konflik oleh kepala sekolah MTs Sabilil Muqorrobin (PSM) Suka Agung Way Kanan. Maka dari itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul Pengaruh Manajemen Konflik Terhadap Produktivitas Kerja Guru Di MTs Sabilil Muqorrobin (PSM) Suka Agung Way Kanan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh Manajemen Konflik Terhadap Produktivitas Kerja Guru Di MTs Sabilil Muqorrobin (PSM) Suka Agung Way Kanan, yaitu pendapatnya terfokus pada memberikan penghargaan prestasi terhadap guru, evaluasi kerja, memotivasi guru, melaksanakan kegiatan bersama, dan melalukan musyawarah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan tekhnik pengumpulan data yaitu, menggunakan angket (kuesioner) dengan metode wawancara, angket yang digunakan telah diuji dengan uji validitas dan reabilitas, serta metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier sederhana. Penelitian ini menggunakan populasi seluruh guru di MTs Sabilil Muqorrobin (PSM) Suka Agung Way Kanan. Peneliti tidak mengambil sampel, dikarenakan jumlah unit populasi yang sedikit. Jadi, peneliti menggunakan unit analisis, yaitu seluruh unit yang ada dalam populasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Berdasarkan pengolahan dan analisis data didapatkan koefisien korelasi sebesar 0,666 yang menunjukkan hubungan yang cukup kuat antara variabel manajemen konflik dan produktivitas kerja guru serta berkorelasi positif. Pada taraf 5 persen diperoleh hasil 0,666 > 0,444 (r tabel), maka dapat disimpulkan bahwa ada korelasi yang cukup signifikan antara manajemen konflik dengan produktivitas kerja guru. Kemudian, kontribusi pengaruh variabel manajemen konflik terhadap variabel produktivitas kerja guru sebesar 44,4 persen, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Selain itu, diperoleh hasil uji signifikansi variabel yang menunjukkan angka sebesar t= 3,791 dibandingkan dengan tabel nilai-nilai pada d.k (drajat kebebasan) n-2= 20-2= 18 nilai pada taraf 5% menunjukkan angka sebesar 2,10 yang berarti bahwa hasil hitung lebih besar dari angka tabel atau 3,791 > 2,10 (keputusan : Tolak H0). Artinya pada taraf 5 % terdapat cukup bukti bahwa variabel manajemen konflik berpengaruh terhadap variabel produktivitas kerja guru. Sehingga hipotesis pada penelitian ini terbukti yaitu ada pengaruh manajemen konflik terhadap produktivitas kerja guru di MTs Sabilil Muqorrobin (PSM) Suka Agung Way Kanan, semakin baik manajemen konflik maka produktivitas kerja guru akan semakin meningkat. Selain itu, penelitian selanjutnya diharap menggunakan variabel yang memengaruhi produktivitas kerja guru dan metode analisis yang lebih baik. Kata kunci : Manajemen Konflik, Produktivitas Kerja Guru, Analisis Regresi Linier iii ABSTRACT The performance of teachers at MTs Sabilil Muqorrobin (PSM) Suka Agung Way Kanan is still less than optimal, this happens mostly due to the low handling of conflict management between the principal and the teacher. Conflict management is the process or handling of conflict with management to create a profitable solution by utilizing sources of innovation and improvement. The handling of conflict management at MTs Sabilil Muqorrobin (PSM) Suka Agung Way Kanan is still low, due to the low handling of conflict management by the principal of MTs Sabilil Muqorrobin (PSM) Suka Agung Way Kanan. Therefore, researchers are interested in conducting research with the title The Effect of Conflict Management on Teacher Work Productivity at MTs PSM Suka Agung. The purpose of this study was to determine the effect of conflict management on teacher work productivity at MTs Sabilil Muqorrobin (PSM) Suka Agung Way Kanan, namely his opinion focused on awarding achievement to teachers, evaluating work, motivating teachers, carrying out joint activities, and conducting deliberation. This study uses quantitative research methods with data collection techniques, namely, using a questionnaire (questionnaire) with the interview method, the questionnaire used has been tested with validity and reliability tests, and the analytical method used is simple linear regression analysis. This study used a population of all teachers at MTs Sabilil Muqorrobin (PSM) Suka Agung Way Kanan. Researchers did not take samples, due to the small number of population units. So, the researcher uses the unit of analysis, namely all units in the population. The results showed that based on data processing and analysis, a correlation coefficient of 0.666 was obtained which indicates a fairly strong relationship between conflict management variables and teacher work productivity and is positively correlated. At the 5 percent level, the result is 0.666 > 0.444 (r table), it can be concluded that there is a significant correlation between conflict management and teacher work productivity. Then, the contribution of the conflict management variable to the teacher's work productivity variable is 44.4 percent, while the rest is influenced by other variables. In addition, the results of the variable significance test showed a number of t = 3.791 compared to the table of values in d.k (degrees of freedom) n-2 = 20-2 = 18 values at the 5% level showed a figure of 2.10 which means that the calculated result is greater than the table number or 3.791 > 2.10 (decision: Reject H0). This means that at the 5% level there is sufficient evidence that the conflict management variable has an effect on the teacher's work productivity variable. So that the hypothesis in this study is proven, namely that there is an effect of conflict management on teacher work productivity at MTs Sabilil Muqorrobin (PSM) Suka Agung Way Kanan, the better conflict management, the more teacher work productivity will increase. In addition, further research is expected to use variables that affect teacher work productivity and better analytical methods. Keywords : Conflict Management, Teacher Work Productivity, Linear Regression Analysis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Jul 2022 07:04
Last Modified: 22 Jul 2022 07:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19962

Actions (login required)

View Item View Item