PENERAPAN PENILAIAN BERBASIS KELAS PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK PADA KELAS VIII DI MTS NEGERI 1 OKU TIMUR

NOVA, SAFITRI (2022) PENERAPAN PENILAIAN BERBASIS KELAS PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK PADA KELAS VIII DI MTS NEGERI 1 OKU TIMUR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI NOVA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK PENERAPAN PENILAIAN BERBASIS KELAS PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK PADA KELAS VIII DI MTS NEGERI 1 OKU TIMUR Oleh: NOVA SAFITRI 1511010327 Adapun yang menjadi pokok skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penerapanl penilaian berbasis kelas pada mata pelajaran aqidah akhlak pada kelas viii di Mts Negeri 1 Oku Timur., 2) Bagaimana penerapan pelaksanaan berbasis kelas pada mata pelajaran aqidah akhlak pada kelas viii di Mts Negeri 1 Oku Timur. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang berbentuk deskriptif kualitatif yang menganalisa data penelitian tidak berdasarkan angka yang menggunakan model Miles dan Huberman dalam proses analisis data. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap model penilaian serta penerapan penilaian berbasis mata pelajaran Aqidah Akhlak VIII di Mts Negeri 1 Oku Timur Sumber data yakni: data primer diambil dari mereka yang ikut terlibat dalam proses di pembelajaran di Mts Negeri 1 Oku Timur meliputi: guru, peserta didik, kepala sekolah dan pihak lain melalui wawancara. Sedangkan data sekunder adalah data kepustakaan yang ada kaitannya dengan penelitian. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah peneliti sendiri sebagai instrumen kunci, sedangkan pedoman iv wawancara, panduan observasi, dan dokumen sebagai instrumen pelengkap. Analisis yang digunakan adalah deduktif, induktif, dan komparatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1. penerapan Penilaian Bidang Aqidah Akhlak VIII di Mts Negeri 1 Oku Timur meliputi: a. Penilaian ranah kognitif, kognitif ini menekankan pada tujuan intelektual, seperti pengetahuan, pemahaman dan keterampilan berfikir. b. Penilaian ranah afektif, meliputi aspek sikap dan minat siswa yaitu dengan teknik non tes, teknik non tes ini berupa observasi atau pengamatan dalam proses belajar mengajar. c. Penilaian ranah psikomotorik, yaitu untuk mengetahui kompetensi siswa dalam bentuk ketrampilan (mempraktekkan) materi PAI. 2. Penilaian Berbasis Kelas dalam Bidang Aqidah Akhlak VIII di Mts Negeri 1 Oku Timur terdiri dari: Pemberian Kuis, b. Pekerjaan Rumah (PR), c. Ulangan Harian, d. Tes Perbuatan, dan Ulangan Semester.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Jul 2022 07:00
Last Modified: 22 Jul 2022 07:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19961

Actions (login required)

View Item View Item