P E N G A R U H M O D E L P E M B E L A J A R A N BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN G O O G L E C L A S S R O O M T E R H A D A P KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH P A D A M A T E R I P E N C E M A R A N LINGKUNGAN KELAS VII DI SMPN02 BLAMBANGAN UMPU

MARTIA, ADE PRASTIANI (2022) P E N G A R U H M O D E L P E M B E L A J A R A N BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN G O O G L E C L A S S R O O M T E R H A D A P KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH P A D A M A T E R I P E N C E M A R A N LINGKUNGAN KELAS VII DI SMPN02 BLAMBANGAN UMPU. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of cover bab 1+5+dapus.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of full skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK P E N GA R U H M O D EL P E MB EL AJA R A N B L EN D ED LEARNING MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM T E R H A D A P K E M A M P U A N P E M E C A H A N MASALAH PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII DI SMPN02 BLAMBANGAN UMPU Oleh Martia Ade Prastiani Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah peserta didik berdasarkan hasil pra penelitian, hal tersebut disebabkan karena dalam pembelajaran tatap muka terbatas peserta didik melaksanakan pembelajaran kurang kondusif, materi pembelajaran maupun soal tidak terlaksana dengan baik, sehingga untuk kemampuan pemecahan masalah peserta didik masih rendah dan peserta didik belum bisa menyelesaikan masalah pada soal hingga detail. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan desain penelitian Pre-experimental salah satu dari Pre-experimental yang digunakan yaitu One Group Pretest Posttest Design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMPN 02 Blambangan Umpu menggunakan teknik pengambilan sampel simple random sampling dengan sampel dua kelas yang terdiri dari kelas VII A kelas kontrol menerapkan model pembelajaran konvensional dan kelas VII B menerapkan model pembelajaran Blended Learning. Berdasarkan hasil data analisis yang diperoleh hasil perhitungan uji-t dua sampel yang tidak berkorelasi dan taraf signifikan 5% diperoleh nilai . Artinya nilai , sehingga ditolak dan diterima. Kesimpulan yang dapat diambil dari perhitungan tersebut adalah terdapat pengaruh model pembelajaran Blended Learning menggunakan Google Classroom terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Pembelajaran Blended Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Jul 2022 03:53
Last Modified: 22 Jul 2022 03:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19959

Actions (login required)

View Item View Item