IMPLEMENTASI LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR DI MAN 1 LAMPUNG SELATAN

RIZQAH, LUTHFI HIDAYATI (2022) IMPLEMENTASI LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR DI MAN 1 LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 5 dapus.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of RIZQAH LUTHFI HIDAYATI UNESCO(1).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kedisiplinan dalam belajar merupakan salah satu hal penting yang mendukung kesuksesan dimasa yang akan datang, tetapi pada kenyataannya masih banyak peserta didik yang belum disiplin dalam belajar. Peserta didik yang mempunyai disiplin belajar yang tinggi akan dapat belajar dengan baik yang ditunjukkan oleh sikapnya dalam belajar yang sungguh-sungguh dan sadar akan tugas serta tanggung jawabnya sebagai pelajar sehingga memungkinkan dapat mencapai prestasi yang baik, permasalahan dari penelitian ini ialah masih banyak anak yang kurangnya disiplin dalam belajar. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan terdapat beberapa peserta didik yang tidak mengumpulkan tugas yang diberikan oleh guru, terdapat peserta didik yang mengobrol saat guru menjelaskan materi dan masih banyak peserta didik yang mengerjakan PR pada pagi hari di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi layanan konseling individu dengan teknik self-management dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di MAN 1 Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Tempat penelitian ini di MAN 1 Lampung Selatan yang menjadi partisipan adalah guru BK dan peserta didik. Adapun prosedur pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik yang tidak disiplin dalam belajar kemudian sampel dalam penelitian ini yaitu empat peserta didik (ASP, DH, RA dan AN). Hasil penelitian ini menunjukkan peserta didik yang mengikuti konseling individu dengan teknik self-management mengalami peningkatan dalam disiplin belajar. Hal ini ditandai dengan peserta didik tertib dalam mengumpulkan tugas, peserta didik lebih aktif bertanya saat guru menjelaskan materi dikelas, dan peserta didik mulai membiasakan mengerjakan PR dirumah. Kata kunci: disiplin belajar, konseling individu, teknik self�management iv ABSTRACT Discipline in learning is one of the important things that supports future success, but in reality there are still many students who are not disciplined in learning. Students who have high learning discipline will be able to study well which is shown by their attitude in studying seriously and being aware of their duties and responsibilities as students so that it is possible to achieve good achievements, the problem of this research is that there are still many children who lack discipline in learning. Based on the results of research in the field, there are some students who do not collect the assignments given by the teacher, there are students who chat when the teacher explains the material and there are still many students who do homework in the morning at school. The purpose of this study was to determine the implementation of individual counseling services with self�management techniques in improving student discipline at MAN 1 South Lampung. This research uses descriptive qualitative research. The place of this research is in MAN 1 South Lampung, the participants are BK teachers and students. The procedures for data collection using observation, interviews and documentation. The sampling technique used was purposive sampling, the population in this study were all students who were not disciplined in learning, then the sample in this study were four students (ASP, DH, RA and AN). The results of this study indicate that students who follow individual counseling with self-management techniques experience an increase in learning discipline. This is marked by students being orderly in collecting assignments, students being more active in asking questions when the teacher explains the material in class, and students starting to get used to doing homework at home. Keywords: Learning Discipline, Individual Counseling, Self�Management Techniques

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Jul 2022 03:45
Last Modified: 22 Jul 2022 03:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19958

Actions (login required)

View Item View Item