PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK SMP NEGERI 4 MESUJI

LATIFAH, INDRASWARI (2022) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK SMP NEGERI 4 MESUJI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 5 dapus.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI_LATIFAH_INDRASWARI[1]_055732.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK SMP NEGERI 4 MESUJI Oleh LATIFAH INDRASWARI 1811080292 Layanan bimbingan kelompok merupakan proses pemberian informasi dan bantuan pada sekelompok orang dengan memanfaatkan dinamika kelompok guna mencapai suatu tujuan tertentu. Melalui layanan bimbingan kelompok guru BK dapat membantu pencapaian peserta didik dalam menjalani tugas-tugas perkembangannya,terutama yang berkaitan dengan minat belajar yang seharusnya dimiliki peserta didik. Self-management merupakan suatu teknik yang mengarah kepada pikiran dan perilaku individu untuk mengatur dan mengubah kearah lebih baik melalui proses belajar tingkah laku yang baru. Tujuan penelitian yang ingin dicapai peneliti dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik self-management dalam meningkatkan minat belajar peserta didik SMP Negeri 4 Mesuji. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode one-group pretest-posttest design. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen, dimana tidak terdapat kelompok kontrol hanya kelompok eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Mesuji dengan jumlah sampel yang berjumlah 10 peserta didik. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket minat belajar, observasi, dan wawancara. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan uji wilcoxon dengan mencari perbedaan mean pretest dan posttest. Hasil yang diperoleh menunjukkan kenaikan yang signifikan setelah pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik self-management. Hal ini terbukti dari diketahui bahwa nilai z hitung adalah -2,869 > dari z tabel 1,96 dan jumlah nilai signifikan adalah 0,004 < 0,05. Dengan nilai mean pada pretest 54,50 nilai minimum sebesar 50 dan nilai maksimum 60. Setelah melaksanakan posttest hasilnya mengalami peningkatan yaitu dengan mean sebesar 94.00 nilai minimum 80 dan nilai maksimum 120. Dengan demikian minat belajar peserta didik SMP Negeri 4 Mesuji mengalami peningkatan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self-management. Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik Self-Management, Minat Belajar iv ABSTRACT PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK SMP NEGERI 4 MESUJI Oleh LATIFAH INDRASWARI 1811080292 Group guidance service is a process of providing information and assistance to a group of people by utilizing group dynamics in order to achieve a certain goal. Through group guidance services, BK teachers can help the achievement of students in carrying out their developmental tasks, especially those related to learning interests that students should have. Self-management is a technique that leads to individual thoughts and behavior to regulate and change for the better through the process of learning new behaviors. The research objective to be achieved by the researchers in this study was to determine the effect of group guidance services with self-management techniques in increasing student interest in learning at SMP Negeri 4 Mesuji. The method in this study uses the one-group pretest-posttest design method. This type of research is experimental quantitative, where there is no control group, only the experimental group. The population in this study were students of class VIII SMP Negeri 4 Mesuji with a total sample of 10 students. In this study, the data collection techniques used were interest in learning questionnaires, observations, and interviews. The sampling technique used is purposive sampling, while the data analysis technique uses the Wilcoxon test by looking for differences in the mean pretest and posttest. The results obtained showed a significant increase after the provision of group guidance services with self-management techniques. This is evident from the known that the calculated z value is -2.869 > from z table 1.96 and the total significant value is 0.004 < 0.05. With a mean value of 54.50 in the pretest, the minimum value of 50 and the maximum value of 60. After carrying out the posttest the results have increased, namely the mean of 94.00, the minimum value of 80 and the maximum value of 120. Thus, the learning interest of the students of SMP Negeri 4 Mesuji has increased after being given group guidance services with self-management techniques. Keywords: Group Guidance, Self-Management Techniques, Interest in Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Jul 2022 07:17
Last Modified: 21 Jul 2022 07:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19947

Actions (login required)

View Item View Item