PERAN KECERDASAN EMOSIONAL DALAM MEMEDIASI PENGARUH STRES KERJA TERHADAP KINERJA DRIVER GOJEK DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Driver Gojek Bandar Lampung)

INTAN, KUMALA SARI (2022) PERAN KECERDASAN EMOSIONAL DALAM MEMEDIASI PENGARUH STRES KERJA TERHADAP KINERJA DRIVER GOJEK DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Driver Gojek Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI INTAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat membawa manfaat yang luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Berkembangnya teknologi berbasis online, memudahkan masyarakat untuk bekerja lebih efektif dan efisien. Salah satu pemanfaatan teknologi informasi saat ini ialah berkembangnya transportasi ojek online seperti Gojek, yang menerapkan sistem kemitraan dengan driver. Rumusan masalah di dalam penelitian ini ialah, pertama apakah stres kerja berpengaruh terhadap kinerja driver Gojek Bandar Lampung, kedua apakah stres kerja berpengaruh terhadap kecerdasan emosional driver Gojek Bandar Lampung, ketiga apakah kecerdasan emosional berpengaruh terhadap kinerja driver Gojek Bandar Lampung, keempat apakah variabel kecerdasan emosional memengaruhi hubungan antara variabel stres kerja dan variabel kinerja driver Gojek Bandar Lampung, dan kelima bagaimana stres kerja, kecerdasan emosional, dan kinerja driver Gojek Bandar Lampung dalam perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian akan dilakukan pada driver Gojek Kota Bandar Lampung yang berjumlah 97 responden. Penarikan sampel di dalam penelitian ini menggunakan teknik probability sampling yaitu cluster sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada driver Gojek Kota Bandar Lampung secara online via google form. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah dengan metode partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) dan menggunakan software SmartPLS dalam melakukan pengolahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis didukung. Pertama, terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara stres kerja (X) terhadap kinerja (Y) driver Gojek Kota Bandar Lampung. Kedua, terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara stres kerja (X) terhadap kecerdasan emosional (M) driver Gojek Kota Bandar Lampung. Ketiga, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kecerdasan emosional (M) terhadap kinerja (Y) driver Gojek Kota Bandar Lampung. Keempat, kecerdasan emosional (M) mampu memediasi secara parsial (partial mediation) hubungan antara stres kerja (X) terhadap kinerja (Y) driver Gojek Kota Bandar Lampung. Kelima ialah stres kerja driver Gojek Bandar Lampung dalam perspektif ekonomi Islam dalam kategori baik, serta kecerdasan emosional dan kinerja driver Gojek Bandar Lampung dalam perspektif ekonomi Islam dalam kategori cukup. Kata Kunci: Stres Kerja, Kecerdasan Emosional, Kinerja

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Jul 2022 07:15
Last Modified: 21 Jul 2022 07:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19946

Actions (login required)

View Item View Item