PENGARUH PUSH PULL MOORING FACTORS TERHADAP CUSTOMER SWITCHING INTENTION DARI BANK KONVENSIONAL KE BANK SYARIAH (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT DESA SUKARAJA, KECAMATAN GEDONGTATAAN, KABUPATEN PESAWARAN)

Nadia, Jihan Annisa (2022) PENGARUH PUSH PULL MOORING FACTORS TERHADAP CUSTOMER SWITCHING INTENTION DARI BANK KONVENSIONAL KE BANK SYARIAH (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT DESA SUKARAJA, KECAMATAN GEDONGTATAAN, KABUPATEN PESAWARAN). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI NADIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingkat market share perbankan syariah yang belum mencapai angka 10%. Sedangkan sudah menjadi rahasia umum bahwa Indonesia termasuk sebagai salah satu negara dengan penduduk muslim terbanyak di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh PPM Faktor terhadap Customer Switching Intention dari bank konvensional ke bank syariah pada masyarakat Desa Sukaraja V, Kec. Gedongtataan, Kab. Pesawaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui penyebaran kuesioner yang ditujukan kepada masyarakat Desa Sukaraja V, Kec. Gedongtataan, Kab. Pesawaran pada bulan Maret 2022. Sampel yang diambil sebanyak 89 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan alat bantu aplikasi SPSS versi 26. Analisis dalam penelitian ini meliputi uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi klasik (uji multikoliniearitas, uji heteroskedastisitas dan uji normalitas), uji statistik (uji T test, uji F serta uji koefisien determinasi (R²)) dan uji MRA (Moderated regression analysis). Hasil uji T test menunjukkan bahwa Kepuasan Konsumen dan Kualitas Layanan tidak ada pengaruh terhadap Customer Switching Intention, Norma Subjektif berpengaruh positif signifikan terhadap Customer Switching Intention. Uji MRA (moderated regression analys) menunjukkan bahwa variabel Biaya Beralih (Switching Cost) sebagai variabel moderating, Biaya Beralih (Switching Cost) tidak memoderasi Kepuasan Konsumen terhadap Customer Switching Intention dari Bank Konvensional Ke Bank Syariah, Biaya Beralih tidak memoderasi Kualitas Layanan (Servis Quality) terhadap Customer Switching Intention dari Bank Konvensional Ke Bank Syariah dan Biaya Beralih (Switching Cost) tidak memoderasi Norma Subjektif terhadap Customer Switching Intention dari Bank Konvensional Ke Bank Syariah. Kata Kunci: Kepuasan Konsumen, Kualitas Layanan, Norma Subjektif, Switching Cost (Biaya Beralih), Customer Switching Intention. ABSTRACT This research is motivated by the market share level of Islamic banking which has not reached 10%. Meanwhile, it is common knowledge that Indonesia is one of the countries with the largest Muslim population in Indonesia. The purpose of this study was to determine and analyze the influence of the PPM Factor on Customer Switching Intention from conventional banks to Islamic banks in the people of Sukaraja V Village, Kec. Gedongtaaan, Kab. offer. This research is a quantitative research using primary data. The method of data collection in this study was through the distribution of questionnaires addressed to the people of Sukaraja V Village, Kec. Gedongtaaan, Kab. Pesawaran in March 2022. The sample was taken as many as 89 respondents using purposive sampling technique. The data obtained were then processed using SPSS version 26 application tools. The analysis in this study included instrument testing (validity test and reliability test), classical assumption test (multicollinearity test, heteroscedasticity test and normality test), statistical test (T test, F test and coefficient of determination (R²)) and MRA (Moderated regression analysis) test. The results of the T test show that consumers and service quality have no effect on Customer Switching Intention, Subjective Norms have a significant positive effect on Customer Switching Intention. The MRA test (moderated regression analysis) shows that Switching Costs are the moderating variable, Switching Fees do not moderate Customers towards the Customer Switching Purpose from Conventional Banks to Islamic Banks, Switching Costs do not moderate Service Quality ) towards Customer Switching Intentions from Conventional Banks To Islamic Banks and Switching Costs do not moderate the Subjective Norms of Customer Switching Intentions from Conventional Banks to Islamic Banks. Keywords: Consumers, Service Quality, Subjective Norms, Switching Costs (Switching Costs), Customer Switching Intentions.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Jul 2022 06:42
Last Modified: 21 Jul 2022 06:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19937

Actions (login required)

View Item View Item