ANALISIS ALTERNATIVE ATTRACTIVENESS DAN PENEMPATAN KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION DALAM PRESPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi pada Karyawan J&T Express Way Kandis Bandar Lampung)

Ferdalia, Thamara (2022) ANALISIS ALTERNATIVE ATTRACTIVENESS DAN PENEMPATAN KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION DALAM PRESPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi pada Karyawan J&T Express Way Kandis Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FERDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Tercapainya sasaran organisasi atau perusahaan dan kemampuan bersaing dari suatu perusahaan bergantung pada baik dan buruknya sistem pengelolaan dan pengembangan sumber daya manusia yang dilakukan oleh organisasi atau perusahaan. Sebagaimana dikemukakan bahwa dimensi pokok dari sumber daya manusia adalah perlakuan kepada seseorang yang mana nantinya akan menentukan kualitas dan kapabilitasnya. Dalam hal ini sumber daya manusia yang dimaksudkan ialah karyawan yang terdapat dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Sumber daya manusia yang berkualitas pasti akan berdampak positif bagi suatu perusahaan, salah satunya dalam bidang pelayanan jasa. Salah satu fenomena yang seringkali terjadi dalam bidang pelayanan jasa adalah kualitas dari suatu perusahaan yang sedemikian baik dapat dirusak oleh berbagai perilaku dari karyawan perusahaan itu sendiri baik secara langsung maupun tidak langsung yang tidak mudah untuk dicegah. Salah satu pola perilaku seorang karyawan yaitu (Turnover Intention) keinginan berpindah yang menyebabkan timbulnya keputusan dari karyawan untuk meninggalkan pekerjaannya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana dampak alternative attractiveness dan penempatan kerja terhadap turnover intention yang ada pada karyawan J&T Express Way Kandis Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan pengamatan, dengan data primer dan sekunder, alat analisis yang digunakan dalam metode ini yaitu pendekatan induktif. Data primer diperoleh langsung dari karyawan J&T Express Way Kandis Bandar Lampung. Sedangkan data sekunder berupa teori-teori atau data penunjang lainnya yang diperoleh dari pengumpulan data,jurnal,dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa tersedianya alternatif lain yang lebih menarik akan membuat karyawan J&T Express Way Kandis enggan untuk melanjutkan hubungan dengan perusahaan tempat dimana ia bekerja. Seperti yang kita ketahui bahwa banyak sekali perusahaan ekspedisi yang ada di Indonesia, hal ini menunjukkan bahwa banyaknya alternatif yang tersedia bagi karyawan. Semakin banyaknya alternatif lain yang ada dan karyawan memberikan penilaian positif terhadap hal tersebut maka karyawan akan cenderung untuk melemahkan komitmen organisasional. Dan penempatan kerja yang ada pada J&T Express Way Kandis tidak mempengaruhi karyawan tersebut untuk meninggalkan pekerjaannya, dikarenakan sebagian besar posisi penempatan kerja yang ada pada J&T Express adalah sebagai sprinter (kurir) yang diutamakan dalam posisi ini ialah lebih kepada kinerja karyawan itu sendiri. Kata Kunci: Alternative Attractiveness, Penempatan Kerja, Turnover Intention

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Jul 2022 05:07
Last Modified: 21 Jul 2022 05:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19934

Actions (login required)

View Item View Item