ANALISIS EFEKTIVITAS PENGELOLAAN PROGRAM BANTUAN LANGSUNG TUNAI DANA DESA (BLT DD) TERHADAP PEREKONOMIAN MASYARAKAT TERDAMPAK PANDEMI COVID-19 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (StudiPada Desa Sukarame Kecamatan Gunung Labuhan Kabupaten Way Kanan)

Putri, Lestari (2022) ANALISIS EFEKTIVITAS PENGELOLAAN PROGRAM BANTUAN LANGSUNG TUNAI DANA DESA (BLT DD) TERHADAP PEREKONOMIAN MASYARAKAT TERDAMPAK PANDEMI COVID-19 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (StudiPada Desa Sukarame Kecamatan Gunung Labuhan Kabupaten Way Kanan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI PUTRI LESTARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Pada awal tahun 2020 pandemi Covid-19 melanda dunia termasuk di Indonesia, munculnya pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak pada kesehatan masyarakat namun juga berdampak pada perekonomian masyarakat. Dalam menanggapi situasi Covid-19 ini, pemerintah membuat kebijakan dan berbagai program bantuan untuk membantu perekonomian masyarakat. Terbitnya Perppu No.1/2020 memberikan instrumen baru untuk meminimalkan dampak pandemi Covid-19, salah satu program bantuan sosial tersebut adalah program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD). Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) adalah suatu bantuan dari kebijakan pemerintah dengan cara memberikan uang tunai atau jenis bantuan lainnya, baik dengan beberapa persyaratan maupun tanpa persyaratan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode pendekatan penelitian secara kualitatif. Metode kualitatif merupakan penelitian yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisisi. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan (Field Research).Penelitian ini dilakukan dengan mengangkat data-data yang ada di lapangan mengenai hal-hal yang diteliti, adapun pemilihan sumber data pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) di desa Sukarame sudah efektif, hal ini berdasarkan hasil analisis indikator ketepatan waktu, ketepatan dalam menentukan pilihan dan ketepatan sasaran. Dan dalam efektivitas ekonomi islam masyarakat Desa Sukarame sudah baik untuk tidak belaku boros, pemerintah desa Sukarame sudah berlaku adil, tetapi masyarakat desa Sukarame belum efektif dalam memanfaatkan dana BLT-DD dalam meningkatkan perekonomian. Kata Kunci: Efektivitas, BLT-DD, Perekonomian masyarakat, persepktif Ekonomi islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Jul 2022 04:56
Last Modified: 21 Jul 2022 04:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19932

Actions (login required)

View Item View Item