KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN UKHUWAH ISLAMIYAH PADA IKATAN PECINTA BAHASA JEPANG (ICHIBAN)

Ekaning, Tyas Candri (2022) KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN UKHUWAH ISLAMIYAH PADA IKATAN PECINTA BAHASA JEPANG (ICHIBAN). Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI Ekaning Tyas Candri.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Komunikasi merupakan bentuk interaksi antar sesama manusia, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam kehidupan berorganisasi. Dalam organisasi komunikasi yang efektif merupakan kunci terbinanya kerjasama yang baik dan membantu terjalinnya hubungan yang baik antar sesama anggota dalam mencapai tujuan organisasi. Selain itu komunikasi organisasi akan memberikan dampak pada peningkatan rasa persaudaraan sesama muslim (Ukhuwah Islamiyah) di dalam organisasi. Ikatan Pecinta Bahasa Jepang (ICHIBAN) merupakan organisasi yang bergerak dalam bidang kebahasaan dan kebudayaan Jepang. Persoalan yang hendak dikaji dalam penelitian ini mengenai komunikasi organisasi dalam meningkatkan ukhuwah islamiyah pada Ikatan Pecinta Bahasa Jepang (ICHIBAN). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi organisasi dalam meningkatkan ukhuwah islamiyah di dalam Ichiban. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi yang diperoleh langsung dalam penelitian di Ichiban. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik snowball sampling, dengan jumlah informan sebanyak 7 orang yaitu 1 pembina Ichiban, 3 pengurus Ichiban dan 3 anggota Ichiban. Metode analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini menyatakan bahwa Ichiban melakukan proses komunikasi organisasi secara langsung dengan cara bertatap muka dan komunikasi secara tidak langsung dengan menggunakan media whatsapp, instagram, facebook, dan youtube. Arus komunikasi organisasi yang digunakan di dalam Ichiban adalah komunikasi ke bawah, pesan yang disampaikan berupa pemberian informasi organisasi, intruksi tugas, motivasi dan pemberian tanggapan hasil kinerja. Komunikasi ke atas, pesan yang disampaikan berupa saran, ide, membahas kendala dalam pelaksanaan tugas, membahas rencana kegiatan di waktu mendatang. Dan komunikasi horizontal, pesan yang disampaikan berupa kerjasama dalam penyelesaian tugas, memberikan dukungan interpersonal, membahas rencana kegiatan, memecahkan masalah, berbagi informasi, gotong royong, dan berkomunikasi secara informal. Komunikasi organisasi di dalam Ichiban sudah diterapkan dengan baik dan menciptakan hubungan yang baik antar personal sehingga dapat meningkatkan ukhuwah islamiyah di dalam Ichiban. Meningkatnya ukhuwah islamiyah di dalam Ichiban diwujudkan dalam bentuk kerjasama dalam menyelesaikan pekerjaan, saling tolong menolong apabila ada yang membutuhkan bantuan, saling hormat menghormati antar sesama, saling memaafkan, peduli terhadap sesama, serta menjalin silaturahmi antar anggota, pengurus dan pembina. Kata kunci: komunikasi organisasi, ukhuwah islamiyah, Ikatan Pecinta Bahasa Jepang (ICHIBAN)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Jul 2022 04:46
Last Modified: 21 Jul 2022 04:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19931

Actions (login required)

View Item View Item