PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBANTUAN MEDIA SCHOOLOGY TERHADAP PENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

PUTRI, FADHILAH ULFAH (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBANTUAN MEDIA SCHOOLOGY TERHADAP PENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 5, DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI PUTRI FADHILAH ULFAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu apakah ada peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik menggunakan model pembelajaran Blended Learning Berbantuan Media Schoology. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah quasy experiment design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan tes. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh peserta didik kelas X SMK SMTI Bandar Lampung dengan teknik cluster random sampling, dalam penelitian ini menggunakan dua kelas X yang dipilih secara acak. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Blended Learning, dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Pengujian hipotesis menggunakan analisis data menggunakan uji Manova. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara model pembelajaran blended learning berbantuan schoology terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah matematis peserta didik. Hal ini dapat diliat perhitungan menggunakan MANOVA diperoleh tingkat signifikan 0,000 dan nilai α kriteria uji = 0.05 yang berarti nilai p-value < α. Sehingga H0AB ditolak. Kata Kunci : Blended Learning, Schoology, Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah Matematis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Jul 2022 04:39
Last Modified: 21 Jul 2022 04:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19930

Actions (login required)

View Item View Item