MODEL PEDIDIKAN ISLAM SUNAN KALIJAGA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER

Dicky, Tri Setiawan (2022) MODEL PEDIDIKAN ISLAM SUNAN KALIJAGA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI   BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI  FULL DICKY.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Sunan Kalijaga sebagai anggota yang terbilang masih muda, terus mensyiarkan agama Islam sampai ke pelosok desa. Dalam berdakwah menyebarkan agama Islam, ia mempunyai cara dan strategi yang terbilang unik dan berbeda. Karena disamping bertujuan mengislamkan masyarakat jawa kala itu yang kebanyakan masih menganut kepercayaan nenek moyang, beliau mampu berpikir cerdas dengan menggunakan cara menyusupkan nilai-nilai Islam secara bertahap pada budaya yang telah berkembang saat itu. Jadi keyakinan akan sendi-sendi agama Islam bisa mudah diterima tanpa menghilangkan budaya yang telah melekat di hati masyarakat. Salah satu caranya, beliau menciptakan beberapa tembang atau suluk dan juga menjadikan wayang sebagai media dakwah dengan menggunakan pendekatan cultural, dimana beliau mengkolaborasikan budaya Jawa dengan unsur-unsur Islam dan menggunakan model pendidikan yang menyenangkan supaya masyarakat dapat dengan mudah menerima pesan yang disampaikan oleh sunan kalijaga. Pendidikan Islam adalah pendidikan yang dipahami dan dikembangkan dari ajaran dan nilai-nilai fundamental yang terkandung dalam sumber dasarnya yaitu Al-Qur‟an dan As-sunah. Menurut Mohammad Hamid an- Nasyir dan Kulah Abd Al-Qadir Darwis mendefinisikan pendidikan Islam sebagai proses pengarahan perkembangan manusia (ri‟ayah) pada sisi jasmani, akal, bahasa, tingkah laku,kehidupan social dan keagamaan yang diharapkan pada kebaikan menuju kesempurnaan.Pendidikan Islam Kontemporer adalah kegiatan yang dilaksanakan secara terencana dan sistematis untuk mengembangkan potensi anak didik berdasarkan pada kaidah-kaidah agama Islam pada masa sekarang. Rumusan masalah yang diangkat dari penelitian ini yaitu bagaimana Model Pendidikan Sunan Kalijaga dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam Kontemporer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah Model Pendidikan Sunan Kalijaga dan apakah relevan dengan pendidikan islam Kontemporer. dan juga untuk mengetahui manfaat dari model yang digunakan sunan kalijaga dalam menyebarkan agama islam. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam Model Pendidikan Islam Sunan Kalijaga relevan dengan pendidikan islam Kontemporer.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Jul 2022 03:56
Last Modified: 21 Jul 2022 03:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19923

Actions (login required)

View Item View Item