PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL BERBASIS FLIPPINGBOOK PADA MATERI HAJI DAN UMROH KELAS X DI MAN

ARUM, FAUZIAH (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL BERBASIS FLIPPINGBOOK PADA MATERI HAJI DAN UMROH KELAS X DI MAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL ARUM.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Melalui penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran yang masih menggunakan media pembelajaran yang ada saja, yaitu menggunakan media pembelajaran yang disedia oleh sekolah terutama pada mata pelajaran Fikih. Berdasarkan hasil wawancara dengan pendidik di MAN 1 Pesawaran, masalah yang dihadapi pada saat pembelajaran Fikih adalah masih menggunakan buku paket yang disediakan oleh sekolah saja dalam proses pembelajaran, serta pada saat proses pembelajaran berlangsung peserta didik merasa bosan dengan pelajaran yang seperti itu saja yang hanya monoton dengan menggunakan buku pembelajaran yang dibagikan dari sekolah saja. Oleh karena masalah tersebut peneliti tertarik untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis flippingbook. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis flippingbook di MAN 1 Pesawaran. Dan untukmengetahui bagaimana proses pembuatan media pembelajaran tersbut, serta bagaimana tanggapan ahli media dan ahli materi terhadap media pembelajaran berbasis flippingbook, dan untuk mengetahui bagaimana respon peserta didik terkait media pembelajaran yang telah dikembangkan serta untuk mengetahui kemenarikkan media pembelajaran berbasis flippingbook tersebut dengan menggunakan materi Haji dan Umroh di MAN 1 Pesawaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian RnD (research and development) dengan model penelitian ADDIE (analysis, desaign, development, implement, evaluate). Subjeknya yaitu peserta didik kelas X di MAN 1 Pesawaran. Data penelitian diperoleh dari wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Hasil penilaian validasi ahli media mendapatkan rata-rata keseluruhan 85% yang memiliki kriteria “sangat layak”. Dan hasil penilaian ahli meteri mendapatkan rata-rata prensentase keseluruhan 83,84% dengan kriteria “sangat layak”. Selain itu, pengembangan media pembelajaran E-Module Fikih berbasis flippingbook materi Haji dan Umroh kelas X dinyatakan menarik oleh validator dan peserta didik untuk digunakan sebagai media pembelajaran mandiri oleh peserta didik, hal ini dapat dilihat dari respon validator dan peserta didik. Hasil penilaian respon kemenarikan peserta didik MAN 1 Pesawaran memperoleh presentase rata-rata 82,81% yang memiliki kriteria “sangat menarik”. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran E-Module Fikih berbasis flippingbook materi Haji dan Umroh kelas X di MAN 1 Pesawaran, atas penilaian ahli media berserta ahli materi layak digunakan. Serta terkait dengan respon peserta didik yang dihasilkan dari rekapitulasi data uji kemenerarikan mendapatkan respon sangat menarik. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Fikih, berbasis flippingbook iv ABSTRACT Through this research is motivated by the learning process that still uses the existing learning media, namely using the learning media provided by the school, especially in the subjects of Jurisprudence. Based on the results of interviews with educators at MAN 1 Pesawaran, the problem faced during Fiqh learning is that they still only use textbooks provided by the school in the learning process, and when the learning process takes place students feel bored with lessons like that which are just monotonous by using textbooks distributed from school only. Because of this problem, researchers are interested in developing flippingbook-based learning media. This study aims to develop flippingbook�based learning media at MAN 1 Pesawaran. And to find out how the process of making learning media is, as well as how media experts and material experts respond to flippingbook-based learning media, and to find out how students respond to learning media that have been developed and to find out the attractiveness of flippingbook-based learning media using Hajj material and Umrah at MAN 1 Pesawaran. This research uses the RnD (research and development) research model with the ADDIE research model (analysis, design, development, implement, evaluate). The subjects were students of class X at MAN 1 Pesawaran. Research data obtained from interviews, questionnaires, observations, and documentation. The results of the media expert validation assessment get an overall average of 85% which has the "very feasible" criteria. And the results of the meter expert's assessment get an overall average percentage of 83.84% with the "very feasible" criteria. In addition, the development of Fiqh E-Module learning media based on flippingbook material for Hajj and Umrah class X was declared interesting by validators and students to be used as independent learning media by students, this can be seen from the responses of validators and students. The results of the assessment of the attractiveness response of MAN 1 Pesawaran students obtained an average percentage of 82.81% which had the criteria of "very interesting". Based on the results of this study, it can be concluded that the E-Module Jurisprudence learning media based on flippingbook material for Hajj and Umrah class X at MAN 1 Pesawaran, based on the assessment of media experts and material experts is suitable for use. As well as related to the student responses resulting from the recapitulation of the attractiveness test data, the response was very interesting. Keywords: Learning Media, Fiqh, Flippingbook-based.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Jul 2022 03:49
Last Modified: 21 Jul 2022 03:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19922

Actions (login required)

View Item View Item