METODE BIMBINGAN ISLAM PADA GENERASI MUDA DALAM MENINGKATKAN NILAI-NILAI KEISLAMAN (STUDI PADA AL-AQSO WORKING GROUP DESA SIDOMAKMUR LAMPUNG TIMUR)

NUR, LELA PURNAMA SARI (2022) METODE BIMBINGAN ISLAM PADA GENERASI MUDA DALAM MENINGKATKAN NILAI-NILAI KEISLAMAN (STUDI PADA AL-AQSO WORKING GROUP DESA SIDOMAKMUR LAMPUNG TIMUR). Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1+5+DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI_Nur Lela Purnama Sari.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Generasi muda Al-Aqso Working Group memiliki permasalahan yang terdapat pada saat ini yakni mengenai para syubban (pemuda) dan fatayat (pemudi) sudah jarang sekali mengadakan kegiatan-kegiatan keislaman yang seperti sebelum�sebelumnya, karena sudah sibuk masing-masing dengan karirnya. Selain itu juga generasi muda pada saat ini kualitas keimanannya lemah, bersikap apatis masa bodo terhadap lingkungannya. Bahkan sibuk dengan gadjetnya baik itu dengan sosial medianya, game online, dan lain sebagainya, masih banyak generasi muda para syubban yang bermalas-malasan untuk melakukan kegiatan-kegiatan keislaman seperti sholat berjamaah dimasjid, pengajian/taklim rutin, maupun kegiatan-kegiatan yang diperintahkan oleh Naibul Imam (Ketua) maupun amir/ketua (Al-Aqso Working Group). Maka dari itu perlunya metode bimbingan Islam yang dipandu oleh para Ustadz, Naibul Imam (Ketua Wilayah Sidomakmur), Amir atau ketua (Al�Aqso Working Group), serta Amir atau ketua syubban (pemuda) dan fatayat (pemudi). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu jenis penelitian lapangan (field research) sifat penelitian deskriptif yaitu menceritakan keadaan yang ada dilapangan di Desa Sidomakmur Lampung Timur yakni dengan metode bimbingan Islam dalam membimbing dan mengarahkan kaum generasi muda untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya. Penelitian ini menggunakan teknik snowball sampling yaitu dengan memilih orang yang dianggap mempunyai pengetahuan terhadap objek yang diteliti, sehingga dapat membuka jalan untuk meneliti lebih mendalam. Sampel dalam penelitian ini terdapat 7 informan, yakni 3 para amir/ketua yang akan memberikan bimbingan Islam kepada generasi muda Al-Aqso Working Group, dan 4 anggota Al-Aqso Working Group yang memang membutuhkan bimbingan Islam guna memberikan perubahan-perubahan yang lebih baik. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Temuan penelitian ini bahwa metode bimbingan Islam di Desa iii Sidomakmur Lampung Timur yang dilakukan oleh para ustadz, ketua Al-Aqso Working Group dan ketua syubban (pemuda) dan fatayat (pemudi), dengan menggunakan metode atau cara mengadakan kegiatan-kegiatan keislaman seperti halnya: taklim atau pengajian, praktik ibadah, tahsin Al-Qur’an, mempelajari hadist, Olahraga, baksi sosial, serta jum’at berkah. Setelah mengikuti bimbingan Islam yang dilakukan oleh para ustadz, ketua Al-Aqso Working Group dan ketua syubban (pemuda) dan fatayat (pemudi), generasi muda dapat meningkatkan ketaqwaan maupun keislaman yang ada pada dirinya. Adapun, begitu pentingnya untuk menerapkan metode bimbingan Islam dengan mengadakan kegiatan-kegiatan keislaman, seperti halnya: taklim atau pengajian, praktik ibadah, tahsin Al-Qur’an, mempelajari hadist, Olahraga, baksi sosial, serta jum’at berkah. Kata Kunci : Generasi Muda, Al-Aqso Working Group, Bimbingan Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Jul 2022 03:32
Last Modified: 21 Jul 2022 03:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19919

Actions (login required)

View Item View Item