HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA PESERTA DIDIK DI VIII SMP NEGERI 2 KATIBUNG

JERY, ABINTA RAMADHAN (2022) HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA PESERTA DIDIK DI VIII SMP NEGERI 2 KATIBUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 5 dapus.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI (Jery Abinta R) CETAK (S).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Interaksi teman sebaya merupakan lingkungan bergaul seorang remaja, melalui interaksi dengan teman sebaya individu akan berkenalan dan mulai berinteraksi dengan teman-temannya dengan pola perilaku yang berbeda-beda, sehingga melalui interaksi inilah masing-masing individu akan saling memahami lingkungan sosial sekitar. Kebersamaan dengan waktu lama di sekolah dapat memberikan motivasi tersendiri dalam proses belajar. Sedangkan masih ada peserta didik yang belum termotivasi dalam proses pembelajaran disilah peran guru BK untuk memberikan layanan seperti, layanan belajar melalui konseling sebaya yang bertujuan menjalin hubungan, memotivasi peserta didik serta menumbuhkan rasa empati dan solidaritas serta menumbuhkan keterampilan sosial peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara interaksi teman sebaya dengan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian bersifat korelasional. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Katibung yang berjumlah 92 peserta didik. Adapun prosedur pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner (angket) dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan adalah Total sampling, dengan jumlah populasi kurang dari 100, oleh karena itu seluruh populasi dijadikan sampel. Teknik analisis data dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan interaksi teman sebaya dengan motivasi belajar. Hal ini ditunjukkan dari pengujian hipotesis dengan menggunakan uji korelational. Berdasarkan nilai signifikansi (0,05), maka hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh r hitung > r table 0,331 > 0,203. Nilai koefisien kolerasi yang diperoleh adanya hubungan interaksi teman sebaya dengan motivasi belajar. Berdasarkan peneliti rekomendasi yang tepat untuk layanan BK yaitu, diharapkan dapat memberikan pelatihan dalam menigkatkan interaksi teman sebaya terhadap motivasi belajar, sedangkan bagi peserta didik dapat meningkatkan keterampilan interaksi sosial yang ada sehingga berdampak pada peningkatan motivasi belajar. Kata kunci: Interaksi Teman Sebaya, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Jul 2022 03:31
Last Modified: 21 Jul 2022 03:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19917

Actions (login required)

View Item View Item