PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ICARE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF EFFICACY PESERTA DIDIK

MELI, JENISA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ICARE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF EFFICACY PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL MELI JENISA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Model pembelajaran ICARE ini diterapkan agar dapat memperbaiki masalah tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui : (1) pengaruh model pembelajaran ICARE terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, (2) pengaruh self efficacy peserta didik (tinggi, sedang dan rendah) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, dan (3) interaksi antara model pembelajaran ICARE dan self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimental. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Belalau dengan sampel penelitian sebanyak 2 kelas yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran ICARE dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket self efficacy peserta didik. Teknik analisis pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan uji anova dua arah dengan sel tak sama dengan taraf signifikan 5%. Dari hasil pengujian diperoleh kesimpulan sebagai berikut : (1) terdapat pengaruh model pembelajaran ICARE terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, (2) terdapat pengaruh self efficacy peserta didik (tinggi, sedang, dan rendah) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, dan (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran ICARE dan self efficacy peserta didik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Kata kunci : Model Pembelajaran ICARE, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self Efficacy

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Jul 2022 02:33
Last Modified: 21 Jul 2022 02:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19907

Actions (login required)

View Item View Item