PRAKTIK PENGELUARAN ZAKAT PROFESI DOKTER DALAM TINJAUAN HUKUM ISLAM (Studi di Rumah Sakit Umum Ryacudu Kotabumi Lampung Utara)

HADISTA, VIDUSIA (2022) PRAKTIK PENGELUARAN ZAKAT PROFESI DOKTER DALAM TINJAUAN HUKUM ISLAM (Studi di Rumah Sakit Umum Ryacudu Kotabumi Lampung Utara). Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zakat Profesi adalah setiap keahlian dan pekerjaan yang halal, baik dilakukan sendiri maupun yang terkait dengan pihak lain apabila telah mencapai nishab maka diwajibkan mengeluarkan zakat. Pelaksanaan zakat profesi menurut Yusuf Al-Qardhawi yaitu wajib dikeluarkan jika harta yang diperoleh selama satu tahun sudah mencapai nishab sebesar 85gram emas atau sebesar 2,5% lalu dikeluarkan dalam satu tahun sekali. Perintah untuk membayar zakat profesi cukup banyak dalam Al-Qur’an dan Hadits yang memerintahkan kepada orang yang mampu, tetapi realitanya di tengah Profesi dokter di Rumah Sakit Umum Ryacudu Kotabumi Lampung Utara cukup banyak yang belum membayar zakat profesi, padahal zakat profesi ini berfungsi sebagai pemerataan ekonomi dan pengentasan kemiskinan. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Praktik Pengeluaran Zakat Profesi para Dokter-dokter yang ada di Rumah Sakit Umum Ryacudu Kotabumi Lampung Utara dan Bagaimana pandangan Hukum Islam terhadap Praktik Zakat Profesi para Dokter-dokter yang ada di Rumah Sakit Umum Ryacudu kotabumi Lampung Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui Praktik Pengeluaran Zakat Profesi para Dokter-dokter yang ada di Rumah Sakit Umum Ryacudu Kotabumi Lampung Utara dan Untuk mengetahui pandangan Hukum Islam terhadap Praktik Pengeluaran Zakat Profesi para Dokter-dokter yang ada di Rumah Sakit Umum Ryacudu Kotabumi Lampung Utara. Penelitian ini penelitian lapangan (field reseasch) yaitu penelitian yang dilakukan di lingkungan masyarakat tertentu. Adapun jenis dan sumber data penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Pengolahan data dilaksanakan melalui editing, systematizing. Penelitian ini bersifat deskriptif dan menggunakan metode kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan dapat dikemukakan bahwa pelaksanaannya para dokter yang bekerja di Rumah Sakit Umum Ryacudu Kotabumi Lampung Utara ada yang sudah melaksanakan zakat profesi, namun belum sepenuhnya para dokter yang bekerja di Rumah Sakit Umum Ryacudu Kotabumi Lampung Utara mengeluarkan wajib zakat. Pada dasarnya penghasilan yang mereka terima secara nominal ada yang sudah mencapai nishab wajib zakat yang harus dikeluarkan. Namun keterbatasan pengetahuan yang mereka miliki tentang zakat profesi ini maka Dokter di Rumah Sakit Umum Ryacudu Kotabumi Lampung Utara belum sepenuhnya melaksanakan zakat profesi. Dalam pandangan Hukum Islam seseorang baru berkewajiban berzakat apabila harta yang dimilikinya mencapai nishab yang sesuai dengan kesepakatan para ulama dan Fatwa MUI tentang zakat penghasilan dengan batas nishab 85 gram emas. Seseorang yang berhutang dan sudah jatuh tempo untuk membayarnya, jelas punya kewajiban nomor satu untuk membayar hutangnya. Sedangkan kewajiban membayar zakat baru dilakukan apabila hutang yang menjadi kewajiban telah dibayarkan terlebih dahulu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Jul 2022 02:43
Last Modified: 21 Jul 2022 02:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19906

Actions (login required)

View Item View Item