PENGARUH PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS SETS BERBANTU ZOOM PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI TERHADAP LITERASI SAINS PESERTA DIDIK MAN 1 LAMPUNG TENGAH

Reza, Olviana (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS SETS BERBANTU ZOOM PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI TERHADAP LITERASI SAINS PESERTA DIDIK MAN 1 LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL REZA OLVIANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Aspek penting pembelajaran sains di sekolah menengah atas yaitu dengan adanya literasi sains. Keterampilan ini harus dimiliki agar peserta didik mampu mengaplikasikan sains dengan benar akan tetapi kemampuan literasi sains peserta didik masih tergolong rendah pada pembelajaran daring saat ini. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran blended learning berbasis SETS berbantu zoom terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada materi perubahan lingkungan. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Quaisy Experiment, subyek terdiri dari 30 peserta didik yang dibagi menjadi dua kelompok kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas control. Desain yang digunakan penelitian ini Postest Control Group Design. Instrumen penelitian menggunakan tes berupa soal literasi sains. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari data posttest yang dianalisis menggunakan uji-t independent untuk melihat pengaruh model pembelajaran blended learning berbasis SETS berbantu zoom terhadap literasi sains yang dioperasikan dengan Program SPSS versi 20 hasil penelitian menunjukkan dengan penerapan model pembelajaran blended learning berbasis SETS berbantu zoom berpengaruh terhadap literasi sains, ini dapat dilihat dari sig.2-tailed 0,000 < α 0,05, sehingga ditolak dan diterima. Terdapat perbedaan signifikan kemampuan literasi sains peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian yang diperoleh membuktikan bahwa dengan model pembelajaran blended learning berbasis SETS berbantu zoom dapat meningkatkan literasi sains peserta didik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di MAN 1 Lampung Tengah terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran blended learning berbasis SETS berbantu zoom pada mata pelajaran biologi terhadap literasi sains peserta didik MAN I Lampung Tengah Kata Kunci: Berbantu Zoom, Pembelajaran Blended Learning Berbasis SETS, Literasi Sains iv ABSTRACT An important aspect of learning science in high school is the existence of scientific literacy. These skills must be possessed so that students are able to apply science correctly, but students' scientific literacy skills are still relatively low in online learning today. This study was conducted to determine the effect of SETS-based blended learning with the help of zoom on students' scientific literacy skills on environmental change material. This research is a type of quantitative research using the Quaisy Experiment method, the subject consists of 30 students who are divided into two groups, namely the experimental class and the control class. The design used in this research is Posttest Control Group Design. The research instrument used a test in the form of scientific literacy questions. Based on the results of data analysis obtained from posttest data which was analyzed using an independent t-test to see the effect of the Zoom-assisted SETS-based blended learning model on scientific literacy operated with the SPSS version 20 program, the results showed that by applying the SETS-based blended learning model with the help of zoom. influence on scientific literacy, it can be seen from the sig. 2-tailed 0.000 < 0.05, so it is rejected and accepted. There is a significant difference in the scientific literacy ability of students in the experimental class and the control class. The results of the research obtained prove that the zoom-assisted SETS-based blended learning model can improve students' scientific literacy. Based on research that has been carried out at MAN 1 Central Lampung, there is a significant influence on the SETS-based blended learning model with the help of zoom in biology subjects on the scientific literacy of MAN I Central Lampung students. Keywords: Zoom Assisted, SETS-Based Blended Learning, Science Literacy

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:59
Last Modified: 20 Jul 2022 03:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19900

Actions (login required)

View Item View Item