PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA PESERTA DIDIK SMP NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG

ARDY, FERNANDO (2022) PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA PESERTA DIDIK SMP NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of ARDY FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Minat adalah rasa lebih suka, selalu memperhatikan ketika pelajaran berlangsung, rasa ketertarikan, aktif dalam kegiatan belajar dalam belajar tanpa adanya paksaan dari orang lain. Minat pada dasarnya adalah penerimaan akan sesuatu antara diri sendiri dengan sesuatu diluar diri. Kurangnya ketertarikan peserta didik dalam belajar pada bidang tertentu membuat peserta didik mengalami kesulitan dalam meningkatkan minat belajar yang di inginkan karena hasil yang tidak sesuai dengan keinginannya. Minat belajar yang belum berkembang atau rendah masih terdapat di SMP Negeri 13 Bandar Lampung. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pada Peserta Didik SMP Negeri 13 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, data yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi yang melibatkan guru bimbingan dan konseling (BK) yang bertugas serta menangani masalah peserta didik di SMP Negeri 13 Bandar Lampung. Bimbingan kelompok menggunakan teknik diskusi dilakukan selama 1 x 40 menit dengan 6 kali pertemuan selama 1 bulan. Hasil penelitian tentang mengetahui Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pada Peserta Didik, berikut langkah-langkah yang di gunakan guru bimbingan dan konseling sebagai berikut: 1) Tahap menyampaikan tujuan dari diskusi. 2) Tahap mengarahkan diskusi. 3) Tahap menyelenggarakan diskusi. 4) Tahap mengakhiri diskusi. Guru bimbingan dan konseling melaksanakan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan minat belajar dengan permasalahan peserta didik dan juga dengan adanya hasil wawancara, observasi dan dokumentasi menunjukkan bahwa guru bimbingan dan konseling sudah melaksanakan layanan bimbingan kelompok menggunakan media grup grup Whatsapp, Google Meet dan Zoom Meeting. Layanan bimbingan kelompok yang sudah dilaksanakan oleh guru bimbingan dan konseling kepada peserta didik sangat membatu peserta didik untuk meningkatkan minat belajar. Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik Diskusi, Minat Belajar iv ABSTRACT Interest is a sense of preference, always paying attention when the lesson takes place, a sense of interest, being active in learning activities in learning without any coercion from others. Interest is basically the acceptance of something between oneself and something outside oneself. The lack of interest of students in learning in certain fields makes students have difficulty in increasing the interest in learning they want because the results are not in accordance with their wishes. Interest in learning that has not developed or is low is still found in SMP Negeri 13 Bandar Lampung. The aim of this research is to find out the implementation of group guidance services with discussion techniques to increase learning interest in class VIII students of SMP Negeri 13 Bandar Lampung. The research method used in this study is a descriptive method with a qualitative approach, data collected through interviews, observations and documentation involving guidance and counseling (BK) teachers who are on duty and handle the problems students at SMP Negeri 13 Bandar Lampung. Group guidance using discussion techniques is carried out for 1 x 40 minutes with 6 meetings for 1 month. The results of the research on knowing the implementation of group guidance services with discussion techniques to increase student interest in learning, the following steps are used by guidance and counseling teachers as follows: 1) The stage of conveying the purpose of the discussion. 2) The stage of directing the discussion. 3) The stage of holding a discussion. 4) The stage of ending the discussion. Guidance and counseling teachers carry out group guidance services to increase interest in learning with student problems and also with the results of interviews, observations and documentation showing that guidance and counseling teachers have implemented group guidance services using WhatsApp group media, Google Meet and Zoom Meeting. Group guidance services that have been carried out by guidance and counseling teachers to students are very helpful for students to increase interest in learning. Keywords: Group Guidance, Discussion Techniques, Interest in Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jul 2022 07:57
Last Modified: 19 Jul 2022 07:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19893

Actions (login required)

View Item View Item