TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PRAKTIK BAGI HASIL BUDIDAYA IKAN AIR TAWAR (Studi di Desa Buay Nyerupa Kecamatan Sukau Kabupaten Lampung Barat)

ROKING, ERLANDO (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PRAKTIK BAGI HASIL BUDIDAYA IKAN AIR TAWAR (Studi di Desa Buay Nyerupa Kecamatan Sukau Kabupaten Lampung Barat). Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1, BAB 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of ROKING FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kerjasama bagi hasil tidak jarang seseorang mempunyai modal namun tidak mempunyai kemampuan untuk menjalankan usaha begitupun sebaliknya tidak jarang seseorang mempunyai kemampuan untuk menjalakan usaha namun tidak mempunyai modal untuk membangun usaha. Dengan adanya mudharabah keduanya dapat saling menguntungkan dan dapat saling memperoleh manfaat. Berdasarkan uraian diatas, terdapat permsalahan dalam skripsi ini: Bagaimana praktik bagi hasil dalam budidaya ikan air tawar. Dan bagaimana tinjauan hukum Islam tentang praktik bagi hasil dalam budidaya ikan air tawar di Desa Buay Nyerupa Kecamatan Sukau Kabupaten Lampung Barat. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui praktik bagi hasil dalam budidaya ikan air tawar dan untuk menjelaskan konsep dalam hukum Islam tentang praktik bagi hasil dalam budidaya ikan air tawar di Desa Buay Nyerupa Kecamatan Sukau Kabupaten Lampung Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan Field Research. Sumber data: primer dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan sekunder dikumpulkan melalui kepustakaan dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dalam skripsi ini dapat ditarik kesimpulan bahwa, pelaksanaan praktik kerja sama bagi hasil belum sepenuhnya sesuai dengan hukum Islam, yang sesuai terdapat pada syarat perjanjian yaitu saling suka sama suka. Ditinjau dari Tinjauan Hukum Islam terhadap sistem bagi hasil antara pemilik modal dengan pengelola belum sesuai menurut akadnya. Praktik yang dilakukan oleh pemilik modal melakukan perubahan hak dan kewajibannya kepada pengelola agar mendapatkan keuntungan yang lebih besar, hal tersebut merugikan bagi pengelola kerena pihak pengelola merasa terdzalimi atas perubahan yang dilakukan oleh pemilik modal, dan praktik tersebut tidak diperbolehkan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jul 2022 07:42
Last Modified: 19 Jul 2022 07:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19890

Actions (login required)

View Item View Item