IMPLEMENTASI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ELEKTRONIK DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SMAN 15 BANDAR LAMPUNG

NADIYA, ATIKA PUTRI (2022) IMPLEMENTASI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ELEKTRONIK DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SMAN 15 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of cover bab 1,2 dapus.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of skripsi lengkap.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan teknologi informasi memiliki pengaruh besar terhadap perubahan dalam setiap bidang pendidikan. Tujuan dari adanya pembelajaran daring ialah memberikan layanan pembelajaran bermutu dalam jaringan yang bersifat massif dan terbuka untuk menjangkau peminat ruang belajar agar lebih banyak dan lebih luas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Elektronik Dalam pembelajaran Daring di SMAN 15 Bandar Lampung dan apa saja kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran daring dengan menggunakan media pembelajaran berbasis elektronik di SMAN 15 Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif studi kasus yakni penelitian yang dilakukan pada objek alamiah atau fakta-fakta yang terjadi dilapangan, Sumber data berasal dari data primer dan data skunder, teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan Triangulasi teknik, Triangulasi teknik adalah penelitian yang menggunakan teknik pengumpulan data yang berbeda-beda untuk mendapatkan data dari sumber yang sama. Hasil penelitian (1) Implementasi Penggunaan media pembelajaran berbasis elektronik yang digunakan SMAN 15 Bandar Lampung dalam pembelajaran PAI pembelajaran dilakukan dengan tahap awal yaitu perancanaan dengan guru membuat RPP, menyusun metode dan strategi, Pada tahap pelaksanaannya guru menggunakan media pembelajaran berbasis elektronik yaitu laptop dan handphone dengan beberapa aplikasi seperti Whasapp Grup, Google Classroom dan Zoom Meeting ketiga aplikasi ini digunakan secara bergantian sesuai dengan situasi dan kondisi yang terjadi. Pada tahap akhir guru melakukan evaluasi dengan memanfaatkan aplikasi Google Classroom. (2) Kendala yang dihadapi yakni koneksi jaringan yang tidak stabil dan harga kuota yang cukup mahal. iii Kata kunci : Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Elektronik, Pembelajaran Daring

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jul 2022 07:30
Last Modified: 19 Jul 2022 07:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19887

Actions (login required)

View Item View Item