PELAKSANAAN BIMBINGAN ROHANI ISLAM DALAM MENGURANGI TINGKAT KECEMASAN TERHADAP WARGABINAAN DI BALAI PERMASYARAKATAN KELAS II B KOTABUMI

Nadia, juliyanti (2022) PELAKSANAAN BIMBINGAN ROHANI ISLAM DALAM MENGURANGI TINGKAT KECEMASAN TERHADAP WARGABINAAN DI BALAI PERMASYARAKATAN KELAS II B KOTABUMI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of full skripsi.pdf] PDF
Download (23MB)
[thumbnail of cover bab 1-2+dapus.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

ABSTRAK Kecemasan pada warga binaan dapat menyebabkan timbulnya stress psikis yang justru akan melemahkan respon imonologi (daya tahan tubuh) dan mempersulit proses menumbuhkan rasa percaya diri bagi mereka yang memiliki rasa takut. Bimbingan rohani Islam merupakan suatu pencegahan, dalam membantu memecahkan masalah dan mengembangkan situasi atau kondisi yang sedang dihadapi oleh warga binaan. Masalah yang ditemukan dilapangan dalam penelitian ini adalah sikap cemas, khawatir dan gelisah seseorang warga binaan, seorang warga binaan mengalami goncangan-goncangan mental dalam dirinya yang membuat seseorang berpikir negatif dan merasa putus asa dalam menghadapinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang bagaimana Pelaksanaan bimbingan rohani Islam dalam menurunkan tingkat kecemasan terhadap warga binaan dan Bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam proses bimbingan rohani Islam dalam menurunkan tingkat kecemasan terhadap warga binaan di Balai Pemasyarakatan Kelas II B Kotabumi . Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakakn adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, penulis bermaksud mencari, menuturkan, dan menganalisa fenomena- fenomena yang terjadi dan berlangsung saat ini dan berhubungan dengan peran bimbingan rohani Islam dengan tingkat kecemasan warga binaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa bimbingan rohani Islam memiliki peran dalam menumbuhkan rasa sabar dan ikhlas pada diri warga binaan saat menjalani Hukuman,dan menghadapi masa pembebasan , menumbuhkan rasa tenang pada diri warga binaan, serta menghilangkan rasa gelisah dan cemas pada diri Warga binaan. Faktor pendukung dan penghambat dalam proses bimbingan berasal dari warga binaan itu sendiri maupun dari Balai Permasyarakatan, Kesungguhan terhadap usaha dan doa, serta berkeyankinan bahwa Allah akan menyembuhkan. Kata kunci : Bimbingan Rohani Islam dan Kecemasan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Akhlak dan Tasawwuf
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Akhlak dan Tasawwuf
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jul 2022 04:36
Last Modified: 19 Jul 2022 04:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19877

Actions (login required)

View Item View Item