PERBEDAAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVEN INQUIRY DAN INQUIRY TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE

SERLLY, INDAH SARI (2022) PERBEDAAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT DRIVEN INQUIRY DAN INQUIRY TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI SERLLY INDAH SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Berpikir kritis matematis adalah kemampuan peserta didik dalam berpikir secara logis yang berhubungan dengan pengambilan keputusan yang dapat dipercaya. Berdasarkan pra penelitian menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas VIII SMP N 1 Banyumas masih rendah, hal ini disebabkan karna belum teroptimalkannya keaktifan peserta didik. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan model pembelajaran Argument Driven Inquiry dan Inquiry Terbimbing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran Argument Driven Inquiry dan Inquiry Terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik ditinjau dari Self Cofidence. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis quasy eksperiment design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP N 1 Banyumas, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik acak kelas dimana kelas VIII D sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen 2 dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji ankova. Menurut hasil penelitian dan pembahasan perhitungan uji analisis kovarian diperoleh ditolak dan diterima. Berdasarkan kajian teori dan perhitungan dapat disimpulannya bahwa: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Argument Driven Inquiry, model pembelajaran Inquiry Terbimbing dan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Argument Driven Inquiry, model pembelajaran Inquiry Terbimbing dan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik setelah dilakukan pengontrolan Self Confidence. Kata Kunci : Argument Driven Inquiry, Inquiry Terbimbing, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self Confidence.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jul 2022 04:35
Last Modified: 19 Jul 2022 04:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19876

Actions (login required)

View Item View Item