PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN EDMODO TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK

NABILA, SALSABILA (2022) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN EDMODO TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL NABILA SALSABILA 1811050126.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan dalam media pembelajaran di sekolah sangat membantu khususnya bagi pendidik. Pembelajaran salah satunya pada mata pelajaran matematika yang merupakan salah satu pelajaran ada di sekolah. Menurut sebagian siswa pelajaran matematika adalah salah satu pelajaran yang sulit dan rumit. Pemakaian E-Learning pada media belajar online ternyata dapat menyelesaikan masalah penghematan waktu dan tempat yang sering dihadapi oleh peserta didik. Hadi & Rulviana juga menambahkan bahwa E-Learning dalam pelaksanaannya diperlukan sebuah media atau yang lebih dikenal dengan sebutan platform untuk menunjang kegiatan E-Learning itu sendiri salah satu platform yang digunakan dan dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran E-Learning adalah Edmodo. Penggunaan Edmodo membuat peserta didik secara aktif dapat berpartisipasi lebih aktif dan meningkatkan kemandirian belajar mereka karena belajar dengan penggunaan aplikasi Edmodo belajar online yang menyediakan lingkungan belajar yang interaktif. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran matematika dengan berbantuan edmodo terhadap kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik kelas VIII; (2) Untuk melihat pengaruh media pembelajaran matematika dengan berbantuan edmodo terhadap kemandirian belajar peserta didik kelas VIII; (3) Untuk melihat pengaruh media pembelajaran matematika dengan berbantuan edmodo terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik kelas VIII. Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Metode eksperimen yang digunakan adalah quasi experimental design yang dimana subjek penelitian ini adalah peserta didik yang berada pada kelompok dengan suatu tujuan tertentu. Dalam penelitian ini akan digunakan 2 kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen dilakukan perlakuan dengan pembelajaran matematika berbantuan edmodo. Pada kelas kontrol dilakukan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukan bahwa Adanya pengaruh dengan media pembelajaran matematika dengan berbantuan edmodo terhadap kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik kelas VIII SMP N 26 Bandar Lampung secara iii signifikan. Pengaruh media pembelajaran matematika dengan berbantuan edmodo terhadap kemandirian belajar peserta didik kelas VIII SMP N 26 Bandar Lampung dengan adanya peningkatan setelah perlakuan treatmen dan dapat meningkatkan kemandirian belajar peseta didik. Perlakuan Edmodo pada kelas eksperiman memberikan dampak terhadap nilai rata-rata kelas lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Perlakuan Edmodo memberikan pengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik kelas VIII SMPN 26 Bandar Lampung Kata Kunci : Edmodo, Kemandirian Belajar, Berpikir Kreatif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jul 2022 04:24
Last Modified: 19 Jul 2022 04:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19873

Actions (login required)

View Item View Item