PENGEMBANGAN TES HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS KELAS IV SD/MI

RIZKITA, ANATA YORI (2022) PENGEMBANGAN TES HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS KELAS IV SD/MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL RIZKITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengembangkan serta menghasilkan produk berupa Tes Hasil Belajar Kognitif berbasis Higher Order Thinking Skills pada mata pelajaran Matematika materi pecahan kelas IV SD. Teknik mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah mengumpulkan angket Penelitian dan Pengembangan menghasilkan media Tes Hasil Belajar Kognitif Matematika Berbasis Higher Order Thinking Skills yang layak digunakan berdasarkan penilian dari ahli materi dan ahli isntrumen tes.Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Reseacrh and Development (R&D). Prosedur penelitian dan pengembangan R&D Borg and Gall. Pengembangan tersebut meliputi sepuluh langkah pengembangan namun peneliti hanya menggunakan tujuh langkah pengembangan sebagai berikut (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) uji coba produk, (6) revisi produk, hingga menghasilkan produk final tes hasil belajar kognitif berbasis higher order thinking skills. Untuk mengetahui kelayakan produk, validasi dilakukan oleh para ahli yaitu validator ahli materi dan validator ahli instrument tes,. Uji coba dilakukan melalui dua tahap yaitu uji coba skala kecil dan uji coba skala besar.Berdasarkan Hasil validasi ahli madia tahap I mendapatkan persentase rata-rata 75 %. Dengan kriteria “Layak” pada tahap II mendapatkan persentase 86,11% dengan kriteria “Sangat Layak”. Hasil validasi ahli instrument tes tahap I mendapatkan persentase rata-rata 83,33% dengan kriteria “Layak” pada tahap II mendapatkan persentase rata-rata 97,22% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan uraian diatas maka produk yang dikembangkan oleh peneliti dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar. Kata Kunci : Tes Hasil Belajar, Kognitif, Matematika, Higher Order Thinking Skills kelas IV SD/MI

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jul 2022 04:15
Last Modified: 19 Jul 2022 04:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19871

Actions (login required)

View Item View Item