PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN XPERIENTIAL B E R B A S I S I N T E G R A S I K U R I K U L U M TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIKDITINJAUDARI RASA INGINTAHU (CURIOSITY)

RENI, NOVIA SARI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN XPERIENTIAL B E R B A S I S I N T E G R A S I K U R I K U L U M TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIKDITINJAUDARI RASA INGINTAHU (CURIOSITY). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI RENI NOVIA SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran experiential terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. peserta didik yang ditinjau dari Rasa Ingin Tahu (Curiosity). Pada penelitian ini, rancangan penelitian yang dipakai adalah True Eksperimental Design, dimana contoh yang dipakai untuk eksperimen dan grup kontrol diambil secara acak berdasarkan populasi tertentu. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X jurusan IPS MAN 1 Tanggamus. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teknik Cluster Random Sampling yang kemudian diperoleh kelas X IPS 4 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran experiential dan kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan uji analisis variansi dua jalur sel tak sama. Hasil analisis yang diperoleh pada penelitian ini adalah pada hipotesis pertama yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran Experiential terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. Hipotesis kedua yaitu terdapat pengaruh Rasa Ingin Tahu Tinggi, sedang dan rendah terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. Hipotesis ketiga tidak terdapat interaksi antar model pembelajaran experiential berbasis integrasi kurikulum dengan Rasa ingin tahu terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. Kata Kunci: Experiential, Berpikir Kreatif Matematis dan Rasa Ingin Tahu (Curiosity) iii ABSTRACT This study aims to determine whether there is an effect of experiential learning model on mathematical creative thinking ability. students in terms of Curiosity. In this study, the research design used was True Experimental Design, where the samples used for the experiment and the control group were taken randomly based on a certain population. The population in this study were all students of class X majoring in Social Sciences at MAN 1 Tanggamus. The sampling technique used in this study used the Cluster Random Sampling technique which then obtained class X IPS 4 as the experimental class which was treated using the experiential learning model and class X IPS 2 as the control class which was treated using the Direct Instruction learning model. Analysis of the data used in this study using the analysis of variance test of two unequal cell lines. The results of the analysis obtained in this study are the first hypothesis, namely that there is an effect of the Experiential learning model on students' mathematical creative thinking abilities. The second hypothesis is that there is an influence of High, medium and low Curiosity on students' mathematical creative thinking abilities. The third hypothesis is that there is no interaction between experiential learning models based on curriculum integration and curiosity about students' mathematical creative thinking abilities. Keywords: Experiential, Mathematical Creative Thinking and Curiosity

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jul 2022 03:28
Last Modified: 19 Jul 2022 03:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19865

Actions (login required)

View Item View Item