KONTRIBUSI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA PLUS NEGERI 2 BANYUASIN III PALEMBANG

NOER, ALIFAH (2022) KONTRIBUSI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA PLUS NEGERI 2 BANYUASIN III PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of cover bab 1+5+dapus.pdf] PDF
Download (21MB)
[thumbnail of full skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini didasarkan pada sebuah fenomena di SMA Plus Negeri 2 Banyuasin III Palembang, yaitu tingginya motivasi belajar siswa di sekolah yang terletak di kabupaten Baynuasin III .Salah satu penyebab tingginya motivasi belajar siswa tersebut dikarenakan adanya kontribusi guru BK yang melaksanakan program BK yang berkontribusi terhadap tingginya motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja layanan BK yang berkontribusi terhadap tingginya motivasi belajar siswa, bagaimana pelaksanaan layanan BK yang berkontribusi terhadap tingginya motivasi belajar siswa, juga untuk mengetahui adakah faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program BK tersebut di SMA Plus Negeri 2 Banyuasin III Palembang. Subjek dalam penelitian ini adalah empat orang guru BK, dan objek penelitian ini adalah layanan BK yang berkontribusi terhadap tingginya motivasi belajar siswa, faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan layanan BK tersebut di SMA Plus Negeri 2 Banyuasin III Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan jeni desain penelitian ini adalah Case Studies dengan multiple case study. Desain peneliti Case Studies merupakan salah satu strategi yang digunakan oleh peneliti untuk melakukan menyelidiki mendalam terhadap kejadian, program, aktivitas dari seseorang atau beberapa orang. Menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian dengan cara menganalisis dan menyajikan fakta secara sistematis sehingga dapat lebih mudah untuk dipahami dan disimpulkan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa program BK yang berkontribusi terhadap tingginya motivasi belajar siswa di SMA Plus Negeri 2 Banyuasin III Palembang dilakukan melalui pelaksanaan layanan BK yang bersifat pemahaman, pencegahan, pengentasan masalah, dan pemeliharaan dan pengembangan. Faktor�faktor yang mendukung pelaksanaan program BK tersebut adalah wali kelas, kerjasama dengan orang tua siswa, siswa yang mengikuti bimbel dan sarana dan prasarana BK. Adapun faktor yang menghambat pelaksanaan layanan BK tersebut adalah pendemi covid 19 yang megharuskan belajar daring . Kata Kunci: Kontribusi, Guru Bimbingan dan Konseling, Motivasi Belajar Siswa. iii ABSTRACT This research is based on a phenomenon at SMA Plus Negeri 2 Banyuasin III Palembang, namely the high learning motivation of students in schools located in Baynuasin III district. student's motivation to study. This study aims to find out what counseling services contribute to high student learning motivation, how the implementation of counseling services contributes to high student learning motivation, also to find out whether there are supporting and inhibiting factors for the implementation of the counseling program at SMA Plus Negeri 2 Banyuasin III Palembang. The subjects in this study were four BK teachers, and the object of this research was BK services which contributed to the high student learning motivation, the supporting and inhibiting factors for the implementation of the BK services at SMA Plus Negeri 2 Banyuasin III Palembang. Data collection techniques used in this research are observation, interview and documentation techniques. With this type of research design is Case Studies with multiple case studies. Case study research design is one of the strategies used by researchers to conduct in-depth investigations of events, programs, activities of a person or several people. Using a qualitative approach, namely research by analyzing and presenting facts systematically so that it can be easier to understand and conclude. Based on the results of the study, it can be concluded that the counseling program that contributes to the high learning motivation of students at SMA Plus Negeri 2 Banyuasin III Palembang is carried out through the implementation of counseling services that are understanding, prevention, problem alleviation, and maintenance and development. The factors that support the implementation of the BK program are homeroom teachers, collaboration with parents, students who take tutoring and BK facilities and infrastructure. The factor that hinders the implementation of the BK service is the COVID-19 pandemic, which requires online learning. Keywords: Contribution, Guidance and Counseling Teachers, Student Learning Motivation.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jul 2022 02:34
Last Modified: 19 Jul 2022 02:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19859

Actions (login required)

View Item View Item