PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE (SSCS) BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN BURNOUT

LINA, ANGGRAINI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE (SSCS) BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN BURNOUT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL LINA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan metakognitif merupakan kemampuan yang perlu dimiliki oleh peserta didik, karena dengan adanya metakognitif diharapkan peserta didik bias mempunyai kemampuan dasar untuk menyelesaikan persoalan matematika. Berdasarkan hasil prapenelitian di MTs Al-Hasyimiyah Lampung Barat diperoleh bahwa kemampuan pemahaman metakognitif masih tergolong rendah yang ditunjukkan dari hasil tes dan diperlukan upaya untuk meningkatkan kemampuan tersebut, dan juga dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan agar kejenuhan (burnout) ketika belajar dapat terasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran SSCS berbantuan video pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional terhadap burnout peserta didik kelas. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitaif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs Al-Hasyimiyah Lampung Barat, dengan dua sampel penelitian yaitu kelas ekperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep dan angket burnout. Analisis data penelitian ini adalah uji multivariate analysis of variance, dengan taraf signifikan 5% diperoleh (1) Terdapat perbedaan model pembelajaran SSCS berbantuan video pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan metakognitif dan burnout peserta didik, (2) Terdapat perbedaan model pembelajaran SSCS berbantuan video pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan metakognitif peserta didik, dan (3) Terdapat perbedaan model pembelajaran SSCS berbantuan video pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional terhadap burnout peserta didik. Kata Kunci: Model SSCS, Metakognitif, Burnout

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Jul 2022 07:10
Last Modified: 18 Jul 2022 07:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19843

Actions (login required)

View Item View Item