HAK DAN TANGGUNG JAWAB PEDAGANG ATAS KERUGIAN PEMBELIAN AKIBAT RUSAKNYA BARANG DALAM JUAL BELI PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF (Studi Pada Toko Sembako Ibu Hery Pasar Pekalongan Lampung Timur)

ERIKA, DAMAYANTI (2022) HAK DAN TANGGUNG JAWAB PEDAGANG ATAS KERUGIAN PEMBELIAN AKIBAT RUSAKNYA BARANG DALAM JUAL BELI PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF (Studi Pada Toko Sembako Ibu Hery Pasar Pekalongan Lampung Timur). Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB5 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of ERIKA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Hak dan tanggung jawab pedagang memiliki ketentuan dalam membeli barang serta pengembalian barang, Dalam Tinjauan Hukum Positif tentang hak dan tanggung jawab pedagang ini telah di atur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Hukum Perlindungan Konsumen yaitu pedagang dalam menjalankan haknya dan tanggung jawabnya pada konsumen harus mengikuti sesuai aturan hukum yang telah ditetapkan. Sedangkan Tinjauan Hukum Islam tentang hak dan tanggung jawab pedagang yaitu dijalankan sesuai dengan akad perjanjian sebelumnya antara kedua belah pihak. Rumusan masalah dan tujuan masalah yang akan diangkat peneliti adalah, Bagaimana Hak dan Tanggung Jawab Pedagang Atas Kerugian Pembeli Akibat Rusaknya Barang Dalam Jual Beli di Toko Sembako Ibu Hery Pasar Pekalongan Lampung Timur, Bagaimana Hak dan Tanggung Jawab Pedagang Atas Kerugian Pembeli Akibat Rusaknya Barang Dalam Jual Beli di Toko Sembako Ibu Hery Pasar Pekalongan Lampung Timur Perspektif Hukum Islam, Bagaimana Hak dan Tanggung Jawab Pedagang Atas Kerugian Pembeli Akibat Rusaknya Barang Dalam Jual Beli di Toko Sembako Ibu Hery Pasar Pekalongan Lampung Timur Perspektif Hukum Positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hak dan Tanggung Jawab Pedagang Atas Kerugian Pembeli Akibat Rusaknya Barang Dalam Jual Beli di Toko Sembako Ibu Hery Pasar Pekalongan Lampung Timur, untuk mengetahui Hak dan Tanggung Jawab Pedagang Atas Kerugian Pembeli Akibat Rusaknya Barang Dalam Jual Beli di Toko Sembako Ibu Hery Pasar Pekalongan Lampung Timur Perspektif Hukum Islam, untuk mengetahui Hak dan Tanggung Jawab Pedagang Atas Kerugian Pembeli Akibat Rusaknya Barang Dalam Jual Beli di Toko Sembako Ibu Hery Pasar Pekalongan Lampung Timur Perspektif Hukum Positif. Skripsi ini mengunakan penelitian lapangan atau menghimpun data kualitatif penelitan ini digunakan pada Hukum iv positif. Dan penelitian ini mengunakan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan pemiliki toko Ibu hery. Kemudian semua data yang dipeoleh dianalisis dengan analisis kualitatif melalui pendekatan induktif. Hasil penelitian yaitu 1. Pedagang harus bertanggung jawab atas barang yang rusak dengan memberikan ganti rugi sesuai dengan barang yang rusak dengan barang yang sempurna, Tanggung jawab yang akan di lakukan pedagang telah diatur pada Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1998 tentang Perlindungan Konsumen. 2. Hukum Islam Khiyar Aib yang artinya jual beli terjalin maka timbulah kontrak pada pembeli kontrak tersebut dapat batal jika terjadi kecacatan pada barang yang dibeli, Khiyar Aib ini digariskan oleh hukum dan pihak�pihak yang terlibat tidak boleh melanggarnya dalam kontrak. 3. Hukum Positif Hak dan tanggung jawab pedagang atas kerugian pembeli dalam hukum positif diatur pada pasal 1365 KUH Perdata yang mana ketika perbuatan yang melanggar hukum menimbulkan kerugian pada orang lain maka mewajibkan untuk mengantikan kerugian

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Jul 2022 06:57
Last Modified: 18 Jul 2022 06:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19837

Actions (login required)

View Item View Item