ANALISIS RASIONAL DAN EMOSIONAL ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI ANAK MEMILIH PONDOK PESANTREN DI’AYATUL ISLAMIYAH SERIGUNA SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN REMAJA AWAL

NISSA, ARSYTHA (2022) ANALISIS RASIONAL DAN EMOSIONAL ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI ANAK MEMILIH PONDOK PESANTREN DI’AYATUL ISLAMIYAH SERIGUNA SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN REMAJA AWAL. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Cov,125.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Full CD.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Rasional dan emosional berperan penting dalam memotivasi anak dalam menentukan jenjang pendidikan anak. Rasional orang tua memotivasi anaknya untuk dapat memilih lembaga pendidikan yang terbaik bagi anaknya. Emosional orang tua membantu mereka dalam memotivasi anak untuk memilih lembaga pendidikan yang terbaik untuk anak. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan rasional dan emosional orang tua dalam memotivasi anak memilih pondok epsantren Di‟ayatul Islamiyah Seriguna sebagai lembaga pendidikan remaja awal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun sember data diperoleh dari data primer yaitu orang tua yang anaknya sedang menempuh pendidikan di Pondok Pesantren Di‟ayatul Islamiyah Seriguna. Sedangkan data sekunder diperoleh dari data dan dokumen pondok pesantren Di‟ayatul Islamiyah Seriguna. Data dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Serta uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh penulis dapat disimpulkan bahwa rasional orang tua memotivasi anak memilih pondok pesantren Di‟ayatul Islamiyah Seriguna berdasarkan teori pilihan rasional James S. Coleman adalah aktor dan sumber daya. Aktor dalam penelitian ini adalah orang tua. Sumber daya yang mendukung rasional orang tua antara lain: (i) harapan agar membentuk akhlakul karimah bagi anak; (ii) sebagai tuntutan agama Islam bagi anak; (iii) perasaan aman ketika anak berada di pondok pesantren; (iv) biaya pendidikan asrama yang murah. Emosional orang tua dalam memotivasi anak memilih pondok pesantren Di‟ayatul Islamiyah Seriguna antara lain: (i) mengenali emosi orang lain; (ii) mengelola emosi diri sendiri; dan (iii) membina hubungan. Kata Kunci: Rasional, Emosional, Orang Tua, Motivasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Jul 2022 04:44
Last Modified: 18 Jul 2022 04:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19830

Actions (login required)

View Item View Item