IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ONLINE MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN PAI KELAS XI DI SMK PGRI 4 BANDAR LAMPUNG

Defita, Sari (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ONLINE MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN PAI KELAS XI DI SMK PGRI 4 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL  Defita Sari.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ONLINE MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN PAI KELAS XI DI SMK PGRI 4 BANDAR LAMPUNG Oleh Defita Sari NPM. 1711010201 Teknologi informasi dan komunikasi telah berkembang siiring dengan globalisasi, sehingga interaksi dan penyampaian informasi akan berlangsung cepat. Seiring dengan perkembangan teknologi, kini dunia pendidikan memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran, sehingga peroses pembelajaran tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Penggunaan TIK dalam dunia pendidikan dikenal dengan computer based instructional dan e-learning atau web based learning. Pembelajaran online yang dilakukan oleh guru menggunakan google classroom. Google classroom merupakan aplikasi yang mampu menciptakan ruang kelas di dunia maya, sehingga memudahkan guru untuk membuat, mengelompokkan dan membagi tugas. Adapun rumusan masalah pada skripsi ini adalah 1. Bagaimana implementasi Pembelajaran Online menggunakan Google Classroom dalam pembelajaran PAI kelas XI di SMK PGRI 4 Bandar Lampung? 2. Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dari implementasi Pembelajaran Online menggunakan Google Classroom dalam pembelajaran PAI kelas XI di SMK PGRI 4 Bandar Lampung? Penelitian ini bertujuan 1. Untuk mengetahui implementasi Pembelajaran Online menggunakan Google Classroom dalam pembelajaran PAI kelas XI di SMK PGRI 4 Bandar Lampung. 2. Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dari implementasi Pembelajaran Online menggunakan Google Classroom dalam pembelajaran PAI kelas XI di SMK PGRI 4 Bandar Lampung. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis iii analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam tahap perencanaan pembelajaran online menggunakan google classroom dilaksanakan dengan mengkaji silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pembuatan grup kelas pada google classrom, pembuatan materi pembelajaran, dan pembuatan instrumen evaluasi pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran online menggunakan google classroom dilaksanakan melalui strategi pemberian materi berupa teks pdf dan penugasan. Sedangkan evaluasi pembelajaran online menggunakan google classroom dilaksanakan melalui tiga aspek penilaian yaitu aspek pengetahuan, aspek sikap, serta aspek keterampilan. Faktor yang dapat dijadikan pendukung dalam implementasi pembelajaran online menggunakan google classroom yaitu kemampuan menjalankan google classroom, diakses melalui perangkat smarhphone atau komputer, akses internet yang baik, kebutuhan akan teknologi, disediakannya fasilitas. Adapun faktor yang menjadi penghambat yaitu Latar belakang peserta didik yang berbeda, Guru yang belum profesional, Gangguan akses internet. Kata Kunci: Pembelajaran Online, Google Classroom, Pembelajaran PAI iv ABSTRACT IMPLEMENTATION OF ONLINE LEARNING USING GOOGLE CLASSROOM IN CLASS XI PAI LEARNING AT SMK PGRI 4 BANDAR LAMPUNG By Sari NPM. 1711010201 Information and communication technology has developed along with globalization, so that the interaction and delivery of information will take place quickly. Along with the development of technology, now the world of education utilizes technology in the learning process, so that the learning process is not limited by space and time. The use of ICT in education is known as computer based instructional and e-learning or web based learning. Online learning carried out by teachers using Google Classroom. Google Classroom is an application that is able to create classrooms in cyberspace, making it easier for teachers to create, group and divide assignments. The formulation of the problem in this thesis is 1. How is the implementation of Online Learning using Google Classroom in PAI learning for class XI at SMK PGRI 4 Bandar Lampung? 2. What are the supporting factors and inhibiting factors of the implementation of Online Learning using Google Classroom in PAI learning class XI at SMK PGRI 4 Bandar Lampung? This study aims 1. To determine the implementation of Online Learning using Google Classroom in PAI learning class XI at SMK PGRI 4 Bandar Lampung. 2. To find out the supporting factors and inhibiting factors of the implementation of Online Learning using Google Classroom in class XI PAI learning at SMK PGRI 4 Bandar Lampung. This research is included in the type of field research (field research) which is descriptive qualitative. The data in this study were obtained from observations, interviews, and documentation. The data analysis technique used is data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of this study indicate that in the planning stage of online learning using Google Classroom, it is carried out by reviewing the syllabus and Learning Implementation Plan (RPP), making class groups on the Google Classroom, making learning materials, and making learning evaluation instruments. At the stage of implementing online v learning using google classroom, it is carried out through a strategy of providing material in the form of pdf text and assignments. While the evaluation of online learning using Google Classroom is carried out through three aspects of assessment, namely aspects of knowledge, aspects of attitudes, and aspects of skills. Factors that can be used as supporters in the implementation of online learning using Google Classroom are the ability to run Google Classroom, accessed via a smartphone or computer, good internet access, the need for technology, and the availability of facilities. The inhibiting factors are the different backgrounds of students, unprofessional teachers, internet access disorders. Keywords: Online Learning, Google Classroom, PAI Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Jul 2022 04:25
Last Modified: 18 Jul 2022 04:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19829

Actions (login required)

View Item View Item