PENGARUH METODE LEARNING START A QUESTION TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIKA

DIAN, NURHIDA (2022) PENGARUH METODE LEARNING START A QUESTION TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIKA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COOVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI DIAN NURHIDAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan berfikir kreatif merupakan proses berfikir yang dialami oleh setiap individu yang dipengaruhi baik dari lingkungan eksternal maupun dari lingkungan internal. Bedasarkan pra penelitian yang dilakukan dapat dilihat bahwasannya peserta didik kurang memenuhi kriteria ketuntasan minimal pada pembelajaran matematika sebanyak 65.27% dan yang mencapai kriteria sebanyak 34.73% telah mencapai kriteria. Peserta didik dinyatakan tuntas jika telah mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 70. Rendahnya nilai pada mata pelajaran matematika dapat dilihat dari berbagai faktor yang menyebabkan kurangnya kemampuan peserta didik, masalah ini harus dapat dipecahkan untuk merubah kondisi belajar peserta didik dalam meningkatkan kemampuan berfikir kreatif.Penelitian ini memiliki tujuan dari permasalahan yang di telah di kemukakan adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Learning Start A Question terhadap pemahaman berfikir kreatif matematika siswa kelas IV MI Bustanul Ulum Sumatera Selatan.jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experimental question. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI Bustanul Ulum teknik jenuh. Setelah data diperoleh dari uji hipotesis secara manual dengan thitung = 5,86 dan ttabel = 1,99 maka thitung > ttabel maka H0 ditolak sehingga, berdasarkan penganalisiskan fakta dari hasil penelitian menandakan adanya pengaruh metode learning stat a quetion terhadap kemampuan berfikir kreatif .Hal ini menunjukan terdapat pengatuh pengaplikasian metode pembelajaran learning start a question terhadap kemampuan berfikir kreatif matematika . kemampuan berfikir kreatif peserta didik yang diberikan perlakuan dengan menggunakan metode learning start a question lebih baik dibandingkan dengan menggunakan metode information search. Kata Kunci : Metode Learning Start A Question, Kemampuan Berfikir Kreatif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Jul 2022 02:53
Last Modified: 18 Jul 2022 02:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19819

Actions (login required)

View Item View Item