ANALISIS E-SERVICE QUALITY DAN E-RECOVERY SERVICE QUALITY TERHADAP E-CUSTOMER LOYALTY DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung Angkatan 2018 Pengguna Marketplace Tokopedia)

Mifta, Huljannah (2022) ANALISIS E-SERVICE QUALITY DAN E-RECOVERY SERVICE QUALITY TERHADAP E-CUSTOMER LOYALTY DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung Angkatan 2018 Pengguna Marketplace Tokopedia). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI  MIFTAHUL JANAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan teknologi yang pesat membuat perusahaan meningkatkan persaingan bisnis dengan menggunakan marketplace untuk memasarkan berbagai macam produk ataupun jasa dalam bentuk digital. Salah satu marketplace yang sedang populer saat ini adalah tokopedia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak penerapan e-service quality dan e-recovery service quality mempengaruhi e-customer loyalty mahasiswa pengguna marketplace tokopedia dan pandangan etika bisnis Islam terhadap penerapan e-service quality dan e-recovery service quality terhadap e-customer loyalty mahasiswa pengguna marketplace tokopedia. Penelitian ini menggunakan field research serta didukung dengan penelitian kombinasi (Mixed Methodology) yang bersifat komparatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer yang diperoleh dari narasumber yang diambil dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung angkatan 2018 dan data sekunder yang diperoleh dari studi kepustakaan yaitu buku dan jurnal penelitian terdahulu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah melalui kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif tetapi tidak signifikan antara e-service quality dan e�recovery service quality terhadap e-customer loyalty dikalangan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung angkatan 2018 dalam penggunaan marketplace tokopedia. Dalam perspektif etika bisnis Islam penerapan e-service quality dan e-recovery service quality dalam meningkatkan e�customer loyalty pada mahasiswa pengguna marketplace tokopedia harus melandaskan pada kaidah-kaidah agama Islam yaitu tidak menjual atau memperoduksi barang-barang yang diharamkan, serta transparan dalam mendeskripsikan barang yang dijual. Kata Kunci : E-Service Quality, E-Recovery Service Quality, E�Customer Loyalty ABSTRACT Rapid technological developments make companies increase business competition by using marketplaces to market various products or services in digital form. Nowadays, One of the popular marketplaces is Tokopedia. This study aims to determine how the impact of the application of e-service quality and e-recovery service quality affected the e-customer loyalty of students using the Tokopedia marketplace and the view of Islamic business ethics on the implementation of e-service quality and e-recovery service quality on student e-customer loyalty. Tokopedia marketplace users. This study uses field research and is supported by comparative research (Mixed Methodology). The data sources in this study were primary data sources obtained from sources taken from the Faculty of Economics and Islamic Business UIN Raden Intan Lampung batch 2018 and secondary data was obtained from literature studies, namely books and previous research journals. Data collection techniques in this study were through questionnaires, interviews, observation, and documentation. The results of this study indicate that there is a positive but not significant effect between e-service quality and e-recovery service quality on e-customer loyalty among students of the Islamic Economics and Business Faculty of UIN Raden Intan Lampung batch 2018 in the use of the Tokopedia marketplace. In the perspective of Islamic business ethics, the application of e-service quality and e-recovery service quality in increasing e-customer loyalty to students using the Tokopedia marketplace must be based on Islamic religious principles, namely not selling or producing prohibited items, as well as being transparent in describing goods sold. Keywords : E-Service Quality, E-Recovery Service Quality, E�Customer Loyalty

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Jul 2022 02:52
Last Modified: 18 Jul 2022 02:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19818

Actions (login required)

View Item View Item