PENGARUH ADOPSI INTERNATIONAL FINANCIAL REPORTING STANDARDS TERHADAP VALUE RELEVANCE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index Tahun 2016-2021)

Ayu, Kartika Purnama Dewi (2022) PENGARUH ADOPSI INTERNATIONAL FINANCIAL REPORTING STANDARDS TERHADAP VALUE RELEVANCE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index Tahun 2016-2021). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Cover Bab 1 Bab 2 Dapus.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Full skripsi ayu kartika.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Adopsi standar berbasis international financial reporting standard (IFRS) diprediksi dapat meningkatkan kualitas informasi akuntansi di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peningkatan kualitas (value relevance)sesudah pengadopsianinternational financial reporting standard(IFRS) Relevansi nilai informasi akuntansi diproyeksikan melalui pengaruh nilai earning pershare, book value pershare terhadap stock price Adapun rumusan masalah yang akan menjadi pembahasan dalam penelitian ini, yaitu apakah adopsi international financial reporting standard mempunyai pengaruh terhadap value relevancedan bagaimana penerapan adopsi international reporting financial standard(IFRS) terhadap value relevance dalam perspektif ekonomi islam. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi penelitian ini adalah perusahaan yang tercatat dalam JakartaIslamic Index (JII) periode 2016-2021. Teknik pengambilan sampel yang digunakan purposive sampling. Jumlah perusahaan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 4 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Jakarta Islamic Index, pengolahan data menggunakan progam Eviews 10. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan relevansi nilai earning pershare setelah pengadopsian international reporting financial standard (IFRS). Namun peningkatan tidak terjadi pada relevansi nilai buku (book value pershare) setelah pengadopsian IFRS pada tahun 2016-2021. Dalam perspektif ekonomi islam mengenai pentingnya kegiatan pasar saham syariah yang harus tetap dijalankan sesuai dengan prinsip Islam dan tidak menyalahi aturan yang ada agar return saham yang didapatkan menghasilkan keberkahan hal ini diatur dalam ayat al-quran Al�Baqarah:282. Kata kunci : Adopsi IFRS, Value Relevance, Earning Pershare

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Jul 2022 02:33
Last Modified: 18 Jul 2022 02:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19813

Actions (login required)

View Item View Item