ANALISIS DETERMINAN INTELECTUAL CAPITAL TERHADAP PROFITABILITAS DENGAN PENDEKATAN IB-VAIC™ DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Bank Umum Syariah Tahun 2016-2020)

RESTA, RENTIKA MAHARANI (2022) ANALISIS DETERMINAN INTELECTUAL CAPITAL TERHADAP PROFITABILITAS DENGAN PENDEKATAN IB-VAIC™ DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Bank Umum Syariah Tahun 2016-2020). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of RESTA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kinerja keuangan bank syariah sangatlah penting untuk diperhatikan dimana dengan kinerja yang baik akan menghasilkan keunggulan dalam suatu bank tersebut. Dalam bersaing dan mencapai keunggulan yang kompetitif manajemen perbankan syariah sangat perlu menerapkan sistem manajemen yang berdasarkan pada intelektual capital. Adapun rumusan masalah yang akan menjadi pembahasan dalam penelitian ini yaitu, apakah analisis determinan intelectual capital berpengaruh terhadap profitabilitas dengan pendekatan iB-VAIC™, dan apakah analisis determinan intelectual capital mempunyai pengaruh terhadap profitabilitas dengan pendekatan iB-VAIC™ dalam perspektif Ekonomi Islam. Metode analisis data yang digunakan yaitu menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dengan sempel sebanyak 7 bank umum syariah periode 2016-2020 dan pengolahan data menggunakan SPSS 20 Hasil penelitian ini menunjukan bahwasanya data penelitian berdistribusi normal. Hasil uji parsial yang telah dilakukan menunjukan bahwa intelektual capital (iB-VAIC) tidak berpengaruh terhadap profitabilitas. Intelektual capital tidak berpengaruh pada profitabilitas dengan hasil uji parsial (T) menunjukan bahwasanya nilai signifikasi dari intelektual capital yaitu 0.346 dimana nilai ini > dari 0.05 maka Hipotesis secara persial tidak didukung pada profitabilitas. Sedangkan pada nilai t hitung variabel intelektual capital sebesar 0.955. sehingga diperoleh kesimpulan bahwasanya intelektual capital berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap profitabilitas.Dalam perspektif Ekonomi Islam menjelaskan bahwasanya profitabilitas merupakan suatu keuntungan yang harus diperhatikan. Dimana suatu keuntungan dalam islam tidak boleh mendekati hal-hal yang telah dilarang dalam syariat islam. Keyword : Intelektual Capital, Profitabilitas Bank Umum Syariah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Jul 2022 02:16
Last Modified: 18 Jul 2022 02:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19811

Actions (login required)

View Item View Item