PENGARUH FREKUENSI PERDAGANGAN SAHAM, VOLUME PERDAGANGAN SAHAM DAN KAPITALISASI PASAR TERHADAP RETURN SAHAM SYARIAH PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX PERIODE 2018-2020

Tasya, Septin Wulandari (2022) PENGARUH FREKUENSI PERDAGANGAN SAHAM, VOLUME PERDAGANGAN SAHAM DAN KAPITALISASI PASAR TERHADAP RETURN SAHAM SYARIAH PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX PERIODE 2018-2020. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI TASYA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Transaksi di pasar modal mempunyai tujuan untuk investor mendapatkan kembalian investasi yang sesuai. Maka diperlukan informasi mengenai prediksi hasil investasi yang telah dilakukan. Dengan mengamati perubahan harga saham syariah di waktu lampau untuk memprediksi harga saham syariah di masa mendatang. Berdasarkan latar belakang diatas, maka tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: untuk mengetahui pengaruh frekuensi perdagangan saham terhadap return saham syariah pada perusahaan di JII periode 2018-2020; untuk mengetahui pengaruh volume perdagangan saham terhadap return saham syariah pada perusahaan di JII periode 2018-2020; untuk mengetahui pengaruh kapitalisasi pasar terhadap return saham syariah pada perusahaan di JII periode 2018- 2020; untuk mengetahui pengaruh frekuensi perdagangan saham, volume perdagangan saham, dan kapitalisasi pasar secara bersama�sama terhadap return saham syariah pada perusahaan di JII periode 2018-2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan syariah yang terdaftar di Jakarta Islamic Index periode 2018-2020 dengan menggunakan purposive sampling, dan menetapkan 51 perusahaan sebagai sampel. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi data panel. Hasil penelitian ini adalah frekuensi perdagangan saham memiliki pengaruh signifikan terhadap return saham syariah, artinya setiap adanya peningkatan transaksi jual beli saham syariah maka return yang didapat akan meningkat. Volume perdagangan saham berpengaruh signifikan terhadap return saham syariah, artinya semakin tinggi volume perdagangan saham maka semakin tinggi pula peluang investor mendapatkan return saham syariah. Kapitalisasi pasar memiliki pengaruh signifikan terhadap return saham syariah, artinya return yang diperoleh akan meningkat karena semakin tinggi nilai perusahaan maka permintaan investor akan saham perusahaan yang bersangkutan akan semakin meningkat pula. Frekuensi perdagangan saham, volume perdagangan saham, dan kapitalisasi pasar berpengaruh signifikan terhadap return saham syariah, artinya ketiga variabel penelitian tersebut mempunyai kontribusi dalam perolehan pengembalian atas investasi syariah yang dilakukan. Kata kunci : Frekuensi Perdagangan Saham, Volume Perdagangan Saham, Kapitalisasi Pasar, Return Saham Syariah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Jul 2022 07:48
Last Modified: 15 Jul 2022 07:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19810

Actions (login required)

View Item View Item