INTERNALISASI NILAI-NILAI TOLERANSI BERAGAMA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMK TARUNA BANDAR LAMPUNG

SANDI, ROBI (2022) INTERNALISASI NILAI-NILAI TOLERANSI BERAGAMA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMK TARUNA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI SANDI ROBY.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Mengamati fenomena empirik yang ada pada saat ini, maka penelitian ini dilatar belakangi oleh timbul pertentangan antar pemeluk agama ditengah masyarakat yang multi agama. Secara umum konflik antar pemeluk agama tersebut disebabkan oleh beberapa faktor. Padahal keberagaman seperti ini semestinya menjadi modal dan kekayaan bangsa yang dapat disinergikan demi kepentingan bersama. Namun setiap permasalahan tentu memiliki solusi minimmal dapat membendung arus pertentangan yang timbul tersebut seperti ditanamkannya nilai-nilai toleransi beragama sejak dini melalui mata pelajaran PAI di setiap lembaga pendidikan khususnya di Sekolah Menengah Kejuruan. Oleh sebab itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai internalisasi nilai-nilai toleransi beragama pada mata pelajaran PAI di SMK Taruna Bandar Lampung. Pada penelitian ini, peneliti merumuskan bagaimana proses internalisasi nilai-nilai toleransi beragama dan apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat internalisasi nilai-nilai toleransi beragama pada mata pelajaran PAI di SMK Taaruna Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriftif, dengan mengambil latar belakang SMK Taruna Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dan teknik analisis data dengan cara mereduksi data, men-display data, dan conclusion atau menarik kesimpulan. Sedangkan, pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil menunjukkan bahwa dalam proses internalisasi nilai�nilai toleransi beragama pada mata pelajaran PAI di SMK Taruna Bandar Lampung yakni Pertama, transformasi nilai yang mana guru menyampaikan informasi secara lisan maupun tertulis mengenai materi nilai-nilai toleransi beragama, dalam hal ini bertujuan meningkatkan aspek kognitif peserta didik. Kedua, Transaksi nilai yang mana guru melakukan interaksi timbal balik (komunikasi dua arah) dengan peserta didik, guru mencontohkan lalu peserta didik mengetahui dan mengikuti contoh tersebut, lalu diterapkan setiap aktivitas sehari-hari. Ketiga, transinternalisasi nilai yaitu peserta didik iii melaksanakan apa yang sudah didapat baik contoh yang didapat atau pengalamam yang selanjutnya peserta didik mengimplementasikannya melalui perilaku dan perbuatan; lalu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah maupun di rumah (lingkungan masyarakat) tanpa paksaan atas dasar kemauan sendiri sedangkan guru memantau dan mengevaluasi. Faktor pendukung proses internalisasi nilai-nilai toleransi beragama pada mata pelajaran PAI di SMK Taruna Bandar Lampung yakni: 1) Fasilitas sekolah; berupa sarana prasarana yang memadai seperti ruangan kelas, musholla, laboratorium, sarana sanitasi dan lain sebagainya. 2) Kegiatan-kegiatan sekolah; seperti OSIS, Pramuka, Rohis, dan pengajian-pengajian pada majelis taklim atau masjid. 3) Motivasi guru dan orang tua; menyampaikan dan mengajarkan nilai�nilai toleransi beragama yang baik dan benar. 4) SDM yang unggul dan profesional; yang sesuai dengan profesi dan bidangnya. Sedangkan faktor penghambatnya yakni: 1) Media sosial; media sosial akan berdampak negatif apabila tidak dimanfaatkan dengan bijak; dan mudah terhasut oleh isu-isu intoleran suku, ras, agama dapat berdampak pada perilaku intoleran. 2) Belum tersedia ruang khusus peserta didik non-muslim; 3) Perbedaan individu peserta didik; dan 4) Kesiapan peserta didik; yakni seperti kendala dalam internet/kuota, malas, kelelahan, kurang semangat dan lain sebagainya. Kata Kunci: Internalisasi Nilai, Toleransi Beragama

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Jul 2022 07:03
Last Modified: 15 Jul 2022 07:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19808

Actions (login required)

View Item View Item