PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMA

DEA, OCTARIANI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI DEA OCTARIANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil dari pra penelitian dan observasi di SMA Negeri 7 Bandar Lampung, penulis menemukan permasalahan bahwa kemampuan pemahaman matematis siswa masih termasuk lemah, hal ini disebabkan mayoritas siswa menggangap pelajaran matematika membosankan serta model pembelajaran maupun media pembelajaran yang diterapkan masih kurang mendukung dan bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Probing Prompting berbantuan media Question Card terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan desain penelitian yang digunakan adalah True Eksperimental Design dengan bentuk Post-test Only Control Design. Populasi penelitian ini siswa kelas X MIPA, pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling didapatkan hasil sampel adalah kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen I yang diterapkan dengan model pembelajaran Probing Prompting berbantuan media Question Card, kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen II yang diterpakan dengan model pembelajaran Probing Prompting dan kelas X MIPA 5 sebagai kelas kontrol yang diterapkan dengan model pembelajaran Ekspositori. Analisis data yang digunakan adalah One Way Anova dan dilanjutkan dengan Uji Scheffe. Hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Probing Prompting berbantuan media Question Card terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMA. Berdasarkan uji Scheffe dari ketiga kelas, yang paling signifikat berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa adalah kelas eksperimen I dengan nilai rata-rata 76,94 dibandingkan dengan kelas eksperimen II mendapatkan nilai rata-rata sevbesar 68,67 dan kelas kontrol sebesar 60,16 dari KKM di sekolah sebesar 70,00. Kata Kunci: Probing Prompting, Question Card, Pemahaman Konsep Matematis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Jul 2022 06:59
Last Modified: 15 Jul 2022 06:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19807

Actions (login required)

View Item View Item