ANALISIS KUALITAS AIR DI WISATA PEMANDIAN WAY BELERANG SIMPUR DESA KECAPI KECAMATAN KALIANDA KABUPATEN LAMPUNG SELATAN PROVINSI LAMPUNG

YURIKA, SEPTI (2022) ANALISIS KUALITAS AIR DI WISATA PEMANDIAN WAY BELERANG SIMPUR DESA KECAPI KECAMATAN KALIANDA KABUPATEN LAMPUNG SELATAN PROVINSI LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,5 dapus.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI_YURIKASEPTI all.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Way Belerang Simpur adalah sumber mata air panas yang mengandung belerang. Salah satu fenomena alam mata air panas dari dalam perut bumi yang sampai saat ini masih digunakan untuk tempat wisata pemandian air panas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas air berdasarkan parameter fisika, kimia dan biologi pada wisata pemandian way belerang. Pengambilan sampel air di ambil pada 3 (tiga) titik, titik 1 pada sumber mata air, titik 2 pada tempat pemandian dan titik 3 pada aliran air. Pengukuran parameter kualitas perairan, antara lain: Suhu, pH, DO, Bau, Belerang sebagai H2S, BOD, COD dan Total Coliform. Untuk mengetahui kualitas air di lingkungan tersebut, maka telah dilakukan penelitian untuk mengkaji parameter yang digunakan, penetuan kadar dari masing-masing parameter tersebut di gunakan metode uji Termometer Air Raksa, pH Meter, SNI 06- 6989.14-2004, IK 26/AP/BRS-BL (Sensori), IK 04/Lc/BRSBL/ (Methyline blue), SNI 6989.72:2009, IK 02/LC/BRSBL (Spektrofotometri) dan SNI 06-4158-1996. Berdasarkan hasil pengujian didapatkan hasil Kualitas air berdasarkan, parameter fisika yaitu suhu dan bau yang berasal dari pemandian way belerang simpur memiliki kualitas suhu yang baik dan memenuhi syarat kriteria mutu air berdasarkan kelas, parameter kimia yaitu pH, DO, BOD, COD dan Belerang sebagai H2S. Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa pH dan DO melebihi batas baku mutu kualitas air yang ditentukan namun pada kadar BOD, COD, dan belerang sebagai H2S tidak melebihi batas baku mutu kualitas air dan parameter Biologi yaitu Total Coliform memiliki kualitas yang sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian total Coliform pada 3 titik sampel < 3 yang artinya tidak melebihi batas baku mutu pemandian umum. Kata kunci : Kualitas air, pemandian air panas, Suhu, pH, DO, Bau, Belerang sebagai H2S, BOD, COD dan Total Coliform.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Jul 2022 06:53
Last Modified: 15 Jul 2022 06:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19805

Actions (login required)

View Item View Item