SHELY, ROZALIA INTAN (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS TRELLO TERHADAP CREATIVE THINKING SKILL DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI PADA MATA PELAJARAN IPA SMP KELAS VIII. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (6MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Oleh Shely Rozalia Intan Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning (pjbl) berbasis trello terhadap creative thinking skill dan kemampuan komunikasi peserta didik materi sistem ekskresi manusia kelas VIII di SMP Negeri 1 Atap Pagelaran Utara. Dalam penelitian menggunakan metode quasi eksperimental research dengan desain penelitian yaitu pretest�postest control group design. Populasi yang digunakan adalah kelas VIII yang berjumlah 104 peserta didik, sedangkan sampel yang dipakai dalam penelitian ini 3 kelas yang diambil dengan cara cluster sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu instrument tes berupa soal essay untuk mengukur creative thinking skill dan angket untuk mengukur kemampuan komunikasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji hipotesis berupa uji one way annova yang mendapatkan hasil yaitu Sig. 0,000 < α = 0,05 (5%) yang berarti H1 diterima dan H0 ditolak. Maka dari hasil uji hipotesis tersebut disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning (pjbl) berbasis trello terhadap creative thinking skill dan kemampuan komunikasi perserta didik pada materi sistem ekskresi manusia kelas VIII SMP Negeri 1 Atap Pagelaran Utara. Kata Kunci: Project Based Learning, Trello, Creative Thinking Skill, Kemampuan Komunikasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 06:50 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 06:50 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19804 |
Actions (login required)
View Item |