ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SDN 19 PADANG CERMIN KABUPATEN PESAWARAN TAHUN AJARAN 2020/2021

RISMALINA, M.Ali (2022) ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SDN 19 PADANG CERMIN KABUPATEN PESAWARAN TAHUN AJARAN 2020/2021. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 19 PADANG CERMIN KABUPATEN PESAWARAN TAHUN JARAAN 2020/2021 Oleh Rismalina Kurikulum 2013 merupakan kurikulum pengembangan dari kurikulum sebelumnya yakni Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan atau KTSP. Penerapan kurikulum disekolah diharapakan lebih memaksimalkan kemampuan dan mencoba menekan kelemahan bagi diri sendiri maupun lembanganya.dalam melaksanakan atau menerapkan implementasi kurikulum 2013 di sekolah- sekolah keberhasilan dalam melaksanakan implmentasi kurikulum 2013 disekolah dengan adanya peran kepala sekolah yang sangat penting untuk tingkat keberhasilan suatu implemtasi kurikulum 2013 tersebut Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripif kualitatif. Subyek alam penelitian ini adalah guru dan kepala sekolah SD Negeri 19 Padang Cermin kabupaten pesawaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi . Instrumen utama peneliti dalam penelitian adalah dengan menggunakan pedoman observasi dan wawancara . Data di analisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan . Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum 2013 di SD Negeri 19 Padang cermin sudah sesuai dengan permendikbud RI Nomor 81A Tahun 2013 tentang implementasi kurikulum 2013. Agar memperoleh hasilyang baik pendidik harus menjadi motivator bagi peserta didik serta pendidik harus kreatif dalam mengembangkan pembelajaran sehingga pembelajaran tidak montotn dan tidak selalu berpusat kepada guru. Dalam sebuah keberhasilan implementasi kurikulum 2013 peran kepala sekolah beserta staf sangatlah penting untuk mencapai visi misi sekolah yan akan dicapai. Kata kunci :Implementasi , Kurikulum 2013

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Jul 2022 03:18
Last Modified: 15 Jul 2022 03:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19796

Actions (login required)

View Item View Item