PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK TEMATIK BERBASIS LINGKUNGAN HIDUP DAN KEARIFAN LOKAL UNTUK PESERTA DIDIK SD/MI

Elza, Mery Nurliza (2022) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK TEMATIK BERBASIS LINGKUNGAN HIDUP DAN KEARIFAN LOKAL UNTUK PESERTA DIDIK SD/MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL ELZA MERY NURLIZA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK . Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, mengetahui kelayakan modul elektronik tematik berbasis lingkungan hidup dan kearifan lokal untuk peserta didik SD/MI dan mengetahui respon peserta didk kelas IV pada tema 1 sampai tema 5. Peneliti menggunakan metode research and development (RnD) dan menggunakan model penelitian dan pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), dengan menggunakan 5 tahapan yang sistematis serta disertai evaluasi pada setiap tahapnya. Penelitian dilakukan di MIN 8 Bandar Lampung dan MIN 10 Bandar Lampung dengan menggunakan uji kelompok kecil dan uji kelompok besar, respon peserta didik dan menguji kelayakan modul dari aspek materi, bahasa dan media yang dilakukan oleh validator. Berdasarkan pengumpulan data hasil penilaian uji kelayakan dan uji coba, bahwa modul elektronik tematik berbasis lingkungan hidup dan kearifan lokal mendapatkan nilai dari ahli materi dengan presentase 82,8% dengan kriteria “Sangat layak”, ahli media dengan presentase 94,7 % dengan kriteria “Sangat layak”, dan ahli bahasa dengan presentase 98,3% dengan kriteria “Sangat layak”, Hasil dari respon peserta didik yang dilakukan uji kelompok kecil oleh MIN 8 Bandar Lampung mendapatkan presentase sejumlah 90,7% dengan kriteria “Sangat menarik”, dan uji kelompok besar yag dilakukan di MIN 10 Bandar Lampung mendapatkan jumlah presentase 89,4% dengan kriteria “Sangat menarik”. Dengan hasil jumlah rata-rata yang diperoleh, dapat dikatakan bahwa produk berupa modul elektronik yang dikembangkan dapat digunakan sebagai bahan ajar pada proses pembelajaran oleh pendidik dan peserta didik di sekolah. Kata kunci: ADDIE, E-Modul, Kearifan lokal dan Lingkungan hidup iii ABSTRACT This study aims to develop, determine the feasibility of the thematic electronic module based on the environment and local wisdom for SD/MI students and find out the responses of fourth grade students on theme 1 to theme 5. Researchers used research and development (RnD) methods and used research models. and the development of ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), using 5 systematic stages and accompanied by an evaluation at each stage. The research was conducted at MIN 8 Bandar Lampung and MIN 10 Bandar Lampung by using small group test and large group test, student responses and testing the feasibility of the module from the material, language and media aspects carried out by the validator. Based on the data collection of the results of the feasibility test and trial, that the thematic electronic module based on the environment and local wisdom received a score from material experts with a percentage of 82.8% with the criteria "Very worthy", media experts with a percentage of 94.5% with the criteria " Very worthy", and linguists with a percentage of 96.6% with the criteria "Very worthy", The results of the student responses that were carried out by the small group test by MIN 8 Bandar Lampung got a percentage of 90.7% with the criteria "Very interesting", and The large group test conducted at MIN 10 Bandar Lampung obtained a percentage of 89,4% with the criteria "Very interesting". With the results of the average number obtained, it can be said that the product in the form of an electronic module developed can be used as teaching material in the learning process by educators and students in schools. Keywords: ADDIE, E-Modul, Environment and Local Wisdom

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Jul 2022 03:09
Last Modified: 15 Jul 2022 03:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19793

Actions (login required)

View Item View Item