STRATEGI PEMBELAJARAN UNTUK MEMFASIHKAN BACAAN AL-QUR’AN PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS (TUNANETRA) DI SMPLB-A BINA INSANI BANDAR LAMPUNG

Poppy, Meliantika Alesia (2022) STRATEGI PEMBELAJARAN UNTUK MEMFASIHKAN BACAAN AL-QUR’AN PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS (TUNANETRA) DI SMPLB-A BINA INSANI BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of POPPY FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran Untuk Memfasihkan Bacaan Al-Qur’an Peserta Didik Berkebutuhan Khusus di SMPLB-A Bina Insani Bandar Lampung. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Sementara pemeriksaan atau pengecekan keabsahan datanya menggunakan prosedur cek ulang secara cermat, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Sedangkan teknik analisis data melalui empat tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Untuk Memfasihkan Bacaan Al-Qur’an Peserta Didik Berkebutuhan Khusus di SMPLB-A Bina Insani Bandar Lampung telah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan visi misi sekolah melalui kegiatan pembelajaran dan Strategi yang digunakan oleh guru tersebut meliputi strategi pembelajaran langsung, strategi pembelajaran tidak langsung, strategi pembelajaran interaktif, strategi pembelajaran pengalaman, dan strategi pembelajaran mandiri yang dilaksanakan melalui beragam metode dan teknik pembelajaran. Strategi-strategi tersebut telah membuahkan hasil yang baik dengan kefasihan peserta didik dalam membaca Al-Qur’an. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Bacaan Al-Qur’an, Tunanetra iv ABSTRACK This study aims to describe learning strategies for Fluent Al�Qur'an Readings for Students with Special Needs at SMPLB-A Bina Insani Bandar Lampung. The type of research used in this research is qualitative research using qualitative descriptive methods. The data collection procedures used were observation, interviews, and documentation studies. Meanwhile, checking or checking the validity of the data uses a careful re-check procedure, persistence of observation, and triangulation. While the data analysis technique through four stages, namely data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results showed that the learning strategy for Fluent Al�Qur'an Reading for Students with Special Needs at SMPLB-A Bina Insani Bandar Lampung had been implemented well in accordance with the school's vision and mission through learning activities and the strategies used by the teacher included direct learning strategies, indirect learning strategies, interactive learning strategies, experiential learning strategies, and independent learning strategies implemented through various learning methods and techniques. These strategies have produced good results with students' fluency in reading the Qur'an. Keywords: Learning Strategies, Reading the Qur'an, Blind

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Jul 2022 04:11
Last Modified: 14 Jul 2022 04:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19786

Actions (login required)

View Item View Item