KINERJA GURU DI MASA PANDEMI COVID 19 DI MIN 6 BANDAR LAMPUNG

Ramadhan, Al Zikri (2022) KINERJA GURU DI MASA PANDEMI COVID 19 DI MIN 6 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI RAMADHAN AL ZIKRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kinerja guru sangat penting dalam meningkatkan proses belajar mengajar terutama pandemic covid 19, kinerja guru merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan dengan melaksanakan, menyelesaikan tugas dan bertanggung jawab sesuai dengan harapan. Pembelajaran secara daring sangat dibutuhkan dalam pembelajaran yang menggunakan jaringan internet.Namun pembelajaran juga masih kurang efektif sebagai langkah yang solutif untuk mencegah penyebaran covid 19 dilingkungan pendidikan. Kinerja guru ini yaitu 1) untuk mengetahui perencanaan pembelajaran di MIN 6 Bandar Lampung, 2) untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran di MIN 6 Bandar Lampung, 3) untuk mengetahui evaluasi pembelajaran di MIN 6 Bandar Lampung Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif denga menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan teknik dokumentasi. Informan pada penelitian ini berasal dari wakakurikulum, guru (pendidik), dan orang tua peserta didik. Informan yang paling utama dalam penelitian ini ialah guru sebab guru terlibat langsung dalam proses pembelajaran secara daring. Kemudian data tersebut diolah oleh peneliti sehingga data yang diperoleh adalah data hasil seleksi.Terdapat dua uji keabsahan data dalam pengolahan data yaitu triangulasi sumber dan triangulasi waktu Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran kinerja guru di MIN 6 Bandar Lampung selama prose daring ini belum berjalan dengan efektif dan efesien, yaitu 1) perencanaan pembelajaran, 2) pelaksanaan pembelajaran, 3) evaluasi pembelajaran. Kinerja guru akan memberikan metode pembelajaran agar peserta didik memahami dan mengerti tentang apa saja yang diajarkan oleh guru. Dengan pembelajaran daring terkadang kurang efektif dan efesien dalam proses belajar yang membuat peserta didik belum bisa memahami materi apa yang sudah diberikan oleh guru dan dalam pengumpulan tugas – tugas yang terlambat untuk mengumpul. Metode pembelajaran di MIN 6 belum berjalan dengan efektif dan efesien dalam pengumpulan tugas, memahami materi dll. Kata Kunci : Kinerja Guru iii ABSTRACK Teacher performance is very important in improving the teaching and learning process, especially the COVID-19 pandemic, teacher performance is one of the activities carried out by carrying out, completing tasks and being responsible as expected. Online learning is very much needed in learning that uses the internet network. However, learning is also still less effective as a solution to prevent the spread of covid 19 in the educational environment. The performance of this teacher is 1) to determine the learning planning at MIN 6 Bandar Lampung, 2) to determine the implementation of learning at MIN 6 Bandar Lampung, 3) to determine the evaluation of learning at MIN 6 Bandar Lampung This study uses a descriptive qualitative approach using interview data collection techniques, observation, and documentation techniques. Informants in this study came from the wakkurikulum, teachers (educators), and parents of students. The most important informant in this research is the teacher because the teacher is directly involved in the online learning process. Then the data is processed by the researcher so that the data obtained is the data from the selection. There are two tests of the validity of the data in data processing, namely source triangulation and time triangulation. The results of this study indicate that the role of teacher performance at MIN 6 Bandar Lampung during this online process has not run effectively and efficiently, namely 1) learning planning, 2) learning implementation, 3) learning evaluation. Teacher performance will provide learning methods so that students understand and understand what is taught by the teacher. With online learning sometimes it is less effective and efficient in the learning process which makes students unable to understand what material has been given by the teacher and in collecting assignments that are too late to collect. The learning method at MIN 6 has not been running effectively and efficiently in collecting assignments, understanding materials, etc. Keywords: Teacher Performance

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Jul 2022 03:03
Last Modified: 14 Jul 2022 03:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19781

Actions (login required)

View Item View Item