PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWERPOINT INTERAKTIF PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK PESERTA DIDIK SMP

Melsa, Atin Desnawati (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWERPOINT INTERAKTIF PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK PESERTA DIDIK SMP. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (8MB)
[thumbnail of SKRIPSI MELSA ATIN DESNAWATI 1811060039 fikss.2.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam sebuah kehidupan, manusia tidak terlepas dari sebuah proses pembelajaran. Proses belajar yang menggunakan media belajar, diartikan sebagai suatu perantara yang dapat digunakan peserta didik dan seorang pengajar atau pendidik di suatu lingkungan belajar yang bertujuan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Beriringan dengan meningkat pesatnya perkembangan ilmu dan teknologi, memaksa manusia melakukan sebuah perubahan. Dari generasi ke generasi, pendidikan menjadi sebuah proses yang penting dalam perjalanan kehidupan seseorang demi meraih pencapaian yang mereka inginkan. Institusi pendidikan merupakan salah satu wadah untuk membentuk sumber daya manusia yang berkualitas. sehingga pembaharuan serta perbaikan pada ranah pendidikan perlu dilakukan dan ditingkatkan. Namun masih saja ditemukan pendidik yang mengajar hanya dengan menggunakan metode konvensional, sedangkan belum tentu hal tersebut bisa membuat tujuan pembelajaran tercapai jika dilaksanakan dengan hanya menggunakan metode konvensional. Sehingga hal tersebutlah yang melatar belakangi peneliti melakukan pengembangan terhadap media berbasis powerpoint interaktif pada materi pencemaran lingkungan. Dalam penelitian ini mengembangkan media pembelajaran berbasis powerpoint inetraktif dengan memakai metode pengembangan R&D, penelitian dalam pengembangan media pembelajaran ini merupakan tahapan dalam mengembangkan produk baru atau yang telah ada. Model ADDIE digunakan dalam penelitian pengembangan ini. Tahap validasi produk melibatkan 4 ahli ( 2 orang ahli media, dan 2 orang ahli materi) yang dilibatkan dalam penilaian layak tidaknya produk tersebut diuji cobakan. Terdapat 10 peserta didik dalam tahap uji coba kelompok kecil, dan 20 peserta didik dalam tahap uji coba lapangan. Hasil penelitian memperlihatkan validasi ahli media dan ahli materi yang memperoleh skor rata-rata masing-masing sebesar 3,735 dan 3,73 dengan kriteria "valid" dan tidak revisi. Kemudian pada pembagian angket respon peserta didik uji coba kelompok yang dilakukan pada 10 peserta didik memperoleh skor rata-rata sebesar 3,4 dan pada uji coba lapangan memperoleh skor rata-rata sebesar 3,625 dengan keduanya memperoleh kriteria "sangat menarik". Kata kunci: media pembelajaran, powerpoint interaktif, pencemaran lingkungan, ADDIE. v ABSTRACT In life, humans cannot be separated from a learning process. The learning process that uses learning media is something that can be used by students and a teacher or educator in a learning environment to achieve learning goals. Along with the increase in the development of science and technology, force humans to make a changes. From generation to generation, education has become an important process in a person's life to achieve the achievements they want. Educational institutions are one of the places to form quality human resources. so reforms and improvements in the realm of education need to be carried out and improved. But, it is still found that educators teach only using conventional methods, even though it is not necessarily mean that learning objectives can be achieved if just using conventional methods. So because that, researchers want to develop interactive powerpoint�based media on environmental pollution material. In this study developing interactive powerpoint-based learning media using the R&D development method, research and development media is a stage in developing new or existing products. In this development research used the ADDIE model. The validation product involves 4 experts (2 media experts and 2 material experts) who are involved in assessing whether or not the product is feasible to be tested. There are 10 students in the small group trial phase, and 20 students in the field trial phase. The results showed that media experts and material experts got an average score of 3.735 and 3.73, respectively, with "valid" and unrevised criteria. Then in the distribution of the student response questionnaire, the group trial conducted on 10 students obtained an average score of 3.4 and in the field trial the average score was 3.625 with both obtaining the "very interesting" criteria. Key words: learning media, interactive powerpoint, environmental pollution, ADDIE.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Jul 2022 08:20
Last Modified: 13 Jul 2022 08:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19780

Actions (login required)

View Item View Item