MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MTs ISMARIA AL-QUR’ANIYAH RAJABASA BANDAR LAMPUNG

LAILIS, SA’ADAH (2022) MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MTs ISMARIA AL-QUR’ANIYAH RAJABASA BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of REPOSITORI FIKSS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of TESIS LENGKAP FIKSS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTs ISMARIA AL-QUR’ANIYAH RAJABASA BANDAR LAMPUNG ABSTRAK Pembelajaran SKI bertujuan untuk membangun kompetensi kesejarahan selain itu agar peserta didik dapat mengambil ibrah dari kejadian masa lalu dan dijadikan pelajaran bagi masa kini dalam kenyataannya pembelajaran SKI saat ini identik dengan silsilah keluarga kerajaan yang biasanya berujung pada materi hafalan, Ada metode khusus yang diterapkan di MTs Ismaria Al-Qur‟aniyah Rajabasa Bandar Lampung dalam pembelajaran SKI, yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah Bagaimana Pendekatan pembelajaran SKI, Bagaimana Strategi dalam menerapkan pembelajaran SKI, Bagaimana Metode pembelajaran SKI, Bagaimana tehnik pembelajaran SKI, Bagaimana Taktik pembelajaran SKI di Ismaria Al-Qur‟aniyah Rajabasa Bandar Lampung. Di penelitian ini adalah : 1) untuk mendiskripsikan pendekatan pembelajaran SKI di Ismaria Al- Qur‟aniyah Rajabasa Bandar Lampung. 2) untuk mendiskripsikan strategi dalam menerapkan pembelajaran SKI di Ismaria Al –Qur‟aniyah Rajabasa Bandar Lampung. 3) untuk mendiskripsikan metode pembelajaran SKI di Ismaria Al-Qur‟aniyah Rajabasa Bandar Lampung. 4)untuk mendiskripsikan tehnik pembelajaran SKI di Ismaria Al-Qur‟aniyah. 5)untuk mendiskripsikan taktik pembelajaran SKI di Ismaria Al-Qur‟aniyah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pendekatan Kualitatif, Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi, sedangkan sumber data berupa sumber data perorangan, sumber data tempat, dan sumber data dokumen. Dalam penelitian ini, peneliti menganalisis data dengan model analisis interaktif sedangkan uji keabsahan datanya menggunakan teknik keabsahan data triangulasi teknik dan sumber. hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan model pembelajaran cooperative learning merupakan salah satu model pembelajaran yang tepat di gunakan dalam pembelajaran SKI dan memiliki karakteristik tersendiri serta berbeda dengan model pembelajaran lain. Melalui model pembelajaran cooperative learning peserta didik dapat berinteraksi langsung dengan sesama peserta didik melalui tindakan diskusi. Secara psikologis model pembelajaran cooperative learning dapat menstimulasi peserta didik dengan baik dalam berpikir. Keunggulan model pembelajaran cooperative learning dapat meningkatkan semangat belajar peserta didik di kelas, model pembelajaran ini menekankan pada keaktifan peserta didik dan membangun aktifitas secara bersama dalam mata pelajaran SKI di MTs Ismaria Al-Qur‟aniyah Rajabasa Bandar Lampung, penelitian ini di harapkan menjadi bahan informasi dan masukan bagi kegiatan belajar mengajar di sekolah khususnya MTs Ismaria Al�Qur‟aniyah Rajabasa Bandar Lampung, terutama dalam memberi dorongan kepada siswa untuk senantiasa meningkatkan minat belajar berprestasi secara lebih memadai. Keyword : Model Pembelajaran iv LEARNING MODEL COOPERATIVE LEARNING HISTORY OF ISLAMIC CULTURE IN MTs ISMARIA AL-QUR'ANIAH RAJABASA BANDAR LAMPUNG ABSTRACT SKI learning aims to build historical competence apart from that so that students can take ibrah from past events and serve as lessons for the present. In fact, SKI learning is currently identical to the genealogy of the royal family which usually leads to rote material. There is a special method applied at MTsIsmaria Al- Qur'aniyah Rajabasa Bandar Lampung in SKI learning. The problems of this research are how to approach SKI learning, how to apply SKI learning strategies, how to learn SKI methods, how to learn SKI techniques, how to tactics for learning SKI in Ismaria Al-Qur'aniyah Rajabasa Bandar Lampung. In this study: 1) to describe the SKI learning approach in Ismaria Al�Qur'aniyah Rajabasa Bandar Lampung. 2) to describe the strategy in implementing SKI learning in Ismaria Al-Qur'aniyah Rajabasa Bandar Lampung. 3) to describe the SKI learning method in Ismaria Al-Qur'aniyah Rajabasa Bandar Lampung. 4) to describe SKI learning techniques in Ismaria Al-Qur'aniyah. 5) to describe the tactics of learning SKI in Ismaria Al-Qur'aniyah. The approach used in this research is a qualitative approach, data collection is done by in-depth interviews, participant observation and documentation. while the data sources are individual data sources, place data sources and document data sources. In this study, the researcher analyzed the data using an interactive analysis model, while the validity of the data was tested using the technique and source data triangulation technique. The results of the study indicate that using the cooperative learning model is one of the appropriate learning models to be used in SKI learning and has its own characteristics and is different from other learning models. Through the cooperative learning model, students can interact directly with fellow students through discussion actions. Psychologically the cooperative learning model can stimulate students well in thinking. The advantages of the cooperative learning model are that it can increase students' enthusiasm for learning in the classroom, this learning model emphasizes the activeness of students and building activities together in SKI subjects at MTs Ismaria Al-Qur'aniyah Rajabasa Bandar Lampung, this research is expected to be information and input material for teaching and learning activities in schools, especially MTs Ismaria Al-Qur'aniyah Rajabasa Bandar Lampung, especially in encouraging students to always increase their interest in learning to achieve more adequately. Keyword : Learning Model

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Jul 2022 07:50
Last Modified: 13 Jul 2022 07:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19779

Actions (login required)

View Item View Item