MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK MELALUI PEMANFAATAN MEDIA JAM PINTAR PADA SISWA B2 TK AL-KAUTSAR BANDAR LAMPUNG

Ginda, Anisa (2022) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK MELALUI PEMANFAATAN MEDIA JAM PINTAR PADA SISWA B2 TK AL-KAUTSAR BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan dikarnakan tingkat kemampuan berhitung anak pada kelas B2 TK Al-Kautsar Bandar Lampung yang masih rendah serta penggunaan media yang masih minim. Penelitian ini merupakan upaya yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung Anak Usia Dini Melalui Pemanfaatan Media Jam Pintar pada Siswa B2 TK Al-Kautsar Bandar Lampung. Penelitian ini juga merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas B2 (5-6 Tahun) Tk Al�Kautsar Bandar Lampung sebanyak 19 peserta didik. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa, observasi dan dokumentasi serta analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil yang didapat dari Penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan berhitung melalui pemanfaatan media jam pintar yang mana dapat dilihat berdasarkan peningkatan anak mulai dari Siklus I sampai Siklus II. Kata Kunci : Kemampuan Berhitung, Jam Pintar iii ABSTRACT This research was conducted because the level of numeracy skills of children in class B2 TK Al-Kautsar Bandar Lampung is still low and the use of media is still minimal. This research is an effort that aims to improve early childhood numeracy skills through the use of smart clock media in B2 students at Al-Kautsar Kindergarten Bandar Lampung. This research is also a type of classroom action research (CAR). This research was conducted in 2 cycles where each cycle consists of 4 stages, namely planning, implementation, observation and reflection. The subjects of this study were 19 students in class B2 (5-6 years) at Tk Al-Kautsar Bandar Lampung. This study uses data collection techniques in the form of observation and documentation as well as data analysis used in this study is quantitative descriptive data analysis with percentages. The results obtained from this study indicate that there is an increase in numeracy skills through the use of smart watch media which can be seen based on the increase in children starting from Cycle I to Cycle II. Keywords : Numeracy Skills, Smart Watch

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Jul 2022 06:44
Last Modified: 13 Jul 2022 06:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19778

Actions (login required)

View Item View Item